Show simple item record

dc.contributor.authorMustofa, Mar'atus Dini
dc.date.accessioned2020-12-16T04:23:12Z
dc.date.available2020-12-16T04:23:12Z
dc.date.issued2020-01-20
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/907
dc.description.abstractDalam mendidik, pendidik adalah peran utama dalam memberi pengajaran dan memberikan ilmu namun masih banyak lagi peran seorang pendidik. Seorang pendidik harus memberikan ilmu, membimbing, mengarahkan, melatih dan mengevaluasi peserta didik. Peserta didik tidak hanya memerlukan sebuah materi saja namun juga membutuhkan suatu kepribadian yang baik, dengan demikian dalam membentuk suatu kepribadian yang baik untuk peserta didik, peran pendidik harus ada untuk memberikan model dan teladan mengenai kepribadian yang baik. Dari hasil observasi, pendidik Agama ialah seseorang yang berperan utama untuk membentuk kepribadian peserta didik di TPQ. Seorang pendidik Agama di harapkan mampu dalam membentuk kepribadian peserta didik yang mempunyai akhlakul karimah, disiplin, sopan dan santun, sehingga peserta didik mampu melakukan kegiatan-kegiatan dalam pendidikan di TPQ. Dengan demikian seorang pendidik harus memberikan bimbingan, model dan tauladan yang baik bagi peserta didik dalam kebiasaan tingkah laku, sikap dan cara bertutur kata. Maka dari sini pentingnya seorang pendidik memiliki kepribadian yang baik dalam menentukan keberhasilan peserta didik dalam meraih cita-cita peserta didik di TPQ Al-Hidayah Purwodadi Tirtoyudo Malang. Dari latar belakang maka peneliti mempunyai fokus penelitian, tentang bagaimana Bagaimana peran kepribadian guru Agama sebagai model dan teladan dalam meningkatkan motivasi belajar santri, dan apa faktor yang menghambat dan mendukung peran kepribadian guru Agama sebagai model dan teladan dalam meningkatkan motivasi belajar santri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran kepribaduian guru sebagai model dan teladan serta apa yang menjadi penghambat dan pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar santri di TPQ Al-Hidayah Purwodadi Tirtoyudo Malang. Untuk mencapai tujuan diatas maka peneliti melakukan jenis penelitian kualitatif, prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pegumpulan data dengan menggunakan jalan Tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan-catatan, laporan-laporan, agenda, dan sebagainya. Dalam penelitian ini, peran kepribadian guru akan dikatakan baik apabila peserta didik tertib dalam melakukan kegiatan, sopan dan santun serta mempunyai tutur kata yang baik, yang didapatkan dari peran seorang pendidik. Dan berdasarkan apa yang dilakukan seorang pendidik Agama dalam membentuk suatu kepribadian peserta didik dengan cara menggunakan metode dan tauladan yang baik, berinteraksi dan selalu menjaga komunikasi menggunakan bahasa yang halus dengan peserta didik untuk memberikan motivasi belajar. Faktor-faktor yang mendukung usaha diatas yakni adanya dukungan dari semua pihak, lembaga/yayasan, pendidik, peserta didik/santri, sarana dan prasarana serta sebagaian masyarakat, lingkungan sosial sehingga semua program berjalan dengan baik, sedangkan faktor-faktor yang menghambat usaha-usaha tersebut adalah dari semua faktor yang menghambat baik faktor internal maupun faktor eksternal, serta keadaan latar belakang pendidikan dalam keluarga, sebagaian masyarakat, lingkungan sosial yang kurang mendukung dikarenakan kebudayaan, sehingga menjadi faktor penghambat dalam pelaksanaan programprogram. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu harus lebih meningkatkan keaktifan dan kereatifan pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam membentuk kepribadian. Hendaknya dalam bekerja sama lebih kompak lagi antara guru-guru dalam memadukan dan menggabungkan aspek positif dari beberapa kreasi dan inivasi yang sudah ada agar bisa memberikan motivasi belajar peserta didik yang lebih baik di TPQ Al-Hidayah Purwodadi Tirtoyudo Malang.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPeran Kepribadian Guruen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.titlePeran Kepribadian Guru Agama dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri di TPQ Al-Hidayah Purwodadi Tirtoyudo Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record