dc.description.abstract | Septyarina Hastin Wulandari, 2023, Analisis Peranan Digitalisasi Pemasaran Terhadap Kemudahan Dalam Transaksi Digital (Studi Kasus Pada UMKM Kaf’s Dorayaki) Dosen Pembimbing I: Dr. Rini Rahayu Kurniati, M.Si, Dosen Pembimbing II: Khoiriyah Trianti S.E, M.S.A.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan peranan digitalisasi pemsaran terhadap kemudahan dalam transaksi digital UMKM Kaf’s Dorayaki,
Jenis penelitian adalah kualitatif. Sumber data yang saya gunakan yaitu sumber data primer dan sekunder dimana sumber data primer sata merupakan hasil wawancara yang dilakukan oleh Ibu Siti Rohmah Handayani, staf pemasaran dan salah satu konsumen. Untuk data sekunder berupa dokumentasi penjualan dari Kaf’s Dorayaki. Pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan dalam implementasi digitalisasi pemasaran pada UMKM Kaf's Dorayaki, strategi memanfaatkan paltform pemasaran seperti Instagram, Shopee, GrabFood, dan GoFood telah membuktikan peranan krusial dalam memperluas pasar, dan memudahkan transaksi. Meskipun pemilik UMKM menyadari manfaat dan potensi digitalisasi, terdapat tantangan seperti optimalisasi fitur-fitur paltform yang belum sepenuhnya direalisasikan. Selain itu, peran digitalisasi pemasaran dalam penyebaran informasi produk, peningkatan pelayanan, dan riset pasar juga memiliki dampak positif pada kesadaran pelanggan dan persepsi positif terhadap merek. Namun, aspek-aspek seperti penyajian informasi yang jelas dan tampilan visual yang profesional masih perlu ditingkatkan. Konstruk-konstruk kemudahan seperti "easy to learn", "controllable", "clear and understandable", "flexible", "easy to become skillful", dan "easy to use" dalam konteks pemanfaatan Instagram sebagai alat pemasaran yang efektif telah membantu dalam mencapai tujuan bisnis dengan lebih efisien.
Kata Kunci: Digitalisasi Pemasaran, Kemudahan, Transaksi digital, UMKM | en_US |