Show simple item record

dc.contributor.authorTsaniyah, Hadiyatus
dc.date.accessioned2020-12-16T04:29:50Z
dc.date.available2020-12-16T04:29:50Z
dc.date.issued2020-07
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/909
dc.description.abstractPenelitian yang telah dilakukan ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Dimana peneliti ini mengambarkan atau menafsirkan keadaan mengenai masalah yang akan diteliti. Sumber data diperoleh dari guru kelas dan siswa yang bermasalah atau nakal, sumber data juga diperoleh dari kepala sekolah sebagai tambahan bahan referensi. Dalam proses pengumpulan data digunakan beberapa metode penelitian, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi Fokus pada penelitian ini bagaimana bentuk-bentuk kenakalan siswa kelas IV, bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan siswa kelas IV, bagaimana upaya guru dalam mengatasi kenakalan siswa kelas IV Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk-bentuk kenalan yang dilakukan oleh siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Batu, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah dan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengatasi kenakalan siswa di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Batu. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa: (1) bentuk-bentuk kenakalan siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Batu adalah bertengkar, berpakaian tidak rapi, berkata kotor, malas, mencuri barang milik temannya. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan siswa yakni faktor internal dan faktor eksternal. Dalam faktor internal faktor yeng mempengaruhi kenakalan siswa di MI Bustanul Ulum Batu adalah perkembangan fisik anak, kemudian dalam faktor eksternal diantaranya yaitu keluarga yang kurang harmonis, pengaruh lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. (3) Upaya guru dalam mengatasi kenakalan siswa adalah: a) tindakan preventif (mencengah), yang diterapkan dengan memberikan pendidikan agama kepada para siswa, b) tindakan represif (pencegahan) bertujuan untuk menghalangi kenakalan siswa sesering mungkin untuk menghalangi timbulnya peristiwa kenakalan yang hebat yakni dengan memberikan nasihat yang baik kepada siswa dengan memberikan bimbingan, dan pengarahan, c) tindakan Kuratif atau penyembuhan yakni memperbaiki akibat perbuatan nakal, guru memberikan bimbingan khusus yakni memberikan perhatian dan nasihan yang lebih terhadao siswa yang nakal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectUpaya Guruen_US
dc.subjectKenakalan Siswaen_US
dc.titleUpaya Guru dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Batuen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record