Upaya Guru dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Batu

Show simple item record

dc.contributor.author Tsaniyah, Hadiyatus
dc.date.accessioned 2020-12-16T04:29:50Z
dc.date.available 2020-12-16T04:29:50Z
dc.date.issued 2020-07
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/909
dc.description.abstract Penelitian yang telah dilakukan ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Dimana peneliti ini mengambarkan atau menafsirkan keadaan mengenai masalah yang akan diteliti. Sumber data diperoleh dari guru kelas dan siswa yang bermasalah atau nakal, sumber data juga diperoleh dari kepala sekolah sebagai tambahan bahan referensi. Dalam proses pengumpulan data digunakan beberapa metode penelitian, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi Fokus pada penelitian ini bagaimana bentuk-bentuk kenakalan siswa kelas IV, bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan siswa kelas IV, bagaimana upaya guru dalam mengatasi kenakalan siswa kelas IV Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk-bentuk kenalan yang dilakukan oleh siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Batu, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah dan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengatasi kenakalan siswa di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Batu. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa: (1) bentuk-bentuk kenakalan siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Batu adalah bertengkar, berpakaian tidak rapi, berkata kotor, malas, mencuri barang milik temannya. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan siswa yakni faktor internal dan faktor eksternal. Dalam faktor internal faktor yeng mempengaruhi kenakalan siswa di MI Bustanul Ulum Batu adalah perkembangan fisik anak, kemudian dalam faktor eksternal diantaranya yaitu keluarga yang kurang harmonis, pengaruh lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. (3) Upaya guru dalam mengatasi kenakalan siswa adalah: a) tindakan preventif (mencengah), yang diterapkan dengan memberikan pendidikan agama kepada para siswa, b) tindakan represif (pencegahan) bertujuan untuk menghalangi kenakalan siswa sesering mungkin untuk menghalangi timbulnya peristiwa kenakalan yang hebat yakni dengan memberikan nasihat yang baik kepada siswa dengan memberikan bimbingan, dan pengarahan, c) tindakan Kuratif atau penyembuhan yakni memperbaiki akibat perbuatan nakal, guru memberikan bimbingan khusus yakni memberikan perhatian dan nasihan yang lebih terhadao siswa yang nakal. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Upaya Guru en_US
dc.subject Kenakalan Siswa en_US
dc.title Upaya Guru dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Batu en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account