Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Siswa MI dI Desa Torongrejo Klerek Batu
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan ini termasuk dalam penelitian kualitatif.
Dimana peneliti ini mengambarkan atau menafsirkan keadaan mengenai masalah
yang akan diteliti. Sumber data diperoleh dari orang tua dan siswa, sumber data
juga diperoleh dari berbagai tambahan bahan referensi. Dalam proses
pengumpulan data digunakan beberapa metode penelitian, yaitu: observasi,
wawancara, dan dokumentasi
Fokus pada penelitian ini Bagaimana peran oranmg tua dalam memotivasi
belajar MI di Desa Torongrejo Klerek Batu, Bagaimana peran orang tua kurang
termotivasi belajar MI di Desa Torongrejo Klerek Batu, Bagaimana Apa faktor
pendukung dan penghamat orang tua dalam memotivasi belajar siswa MI di Desa
Torongrejo Klerek Batu.
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan mengetahui peranan orang
tua dalam memotivasi belajar siswa, Mendeskripsikan faktor penghubung dan
penghambat orang tua dalam memotivasi belajar siswa MI kelas 4 di Desa
Tolongrejo.
Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa: 1) Peran orang tua dalam
memotivasi belajar dapat dilihat bahwa yaitu orangtua berperan sebagai
pembimbing dan pengajar. Serta mendampingi belajar anak , dalam menentukan
model belajar yang sesuai dengan kondisi fisik serta psikis anak. 2) Peran orang
tua yang kurang dalam memotivasi belajar siswa yaitu rendahnya motivasi dari
orang tua.3)Faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam memotivasi
belajar siswa yaitu pemberian stimulus berupa reward atau punishment dan
adanya perhatian yang diberikan orang tua kepada anak dan kondisi anak baik
fisik maupun psikis, kesibukan orangtua dan keadaan lingkungan sekitarnya.