View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Engineering
  • UT - Civil Engineering
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Engineering
  • UT - Civil Engineering
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Studi Alternatif Perencanaan Jembatan Struktur Rangka Baja Type Praat dengan Metode LRFD (Load And Resistance Factor Design) pada Jembatan Ngipik Kabupaten Pasuruan

Thumbnail
View/Open
Publish (1.468Mb)
Fulltext (10.42Mb)
Date
2023-12-16
Author
Ridoi, Muhammad Andri
Metadata
Show full item record
Abstract
Jembatan Ngipik berlokasikan di Desa Sumbersuko, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan. Jembatan ini menghubungkan Desa Sumbersuko dengan Desa Tawangrejo di Kecamatan Pandaan. Jembatan ini juga menjadi jalur transportasi masyarakat untuk berdagang,serta mecari kebutuhan sehari-hari. Pada hari minggu tanggal 14/3/2021 jembatan ngipik ambruk, disebabkan karena Pilar yang digunakan sebagai penahan jembatan itu rusak karena arus air sungai kambeng yang cukup deras. Oleh karena itu pihak PUPR Kabupaten Pasuruan akan membangun jembatan baru menggunakan kontruksi jembatan Komposit dengan bentang jembatan 24 meter dan ditambah jembatan prategang dengan bentang jembatan 12 meter serta mempunyai lebar masing-masing 5 meter dengan tumpuan Pilar diantara jembatan tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penulis mencoba merencanakan ulang kontruksi jembatan sepanjang 36 meter untuk studi alternatif perencanaan dengan menggunakan struktur rangka baja type praat dengan metode LRFD (Load and Resistance Factor Design). Metode LRFD adalah Suatu metode yang mempertimbangkan berbagai jenis beban dengan faktor keamanan, keandalan yang lebih tinggi dalam menghadapai berbagai beban eksternal.sedangkan SAP2000 V.14 adalah perangkat lunak analisis struktur yang sering digunakan dalam perencanaan dan analisis jembatan serta struktur lainnya. dengan menggunakan SAP2000 V.14 perencanaan jembatan struktur rangka baja ini dapat menerapkan prinsip-prinsip metode LRFD dengan lebih efisien dan akurat. perangkat lunak ini memberikan alat yang kuat untuk memastikan kinerja dan keamanan struktural dalam proyek pembangunan jembatan. Berdasarkan hasil analisa perhitungan didapat Tebal plat lantai kendaraan pada jembatan diperoleh 20 cm dengan memakai tulangan pokok D16-175 mm melintang dan tulangan pokok D12-200 mm memanjang. Dimensi gelagar memanjang menggunakan profil WF 250 x 125 x 6 x 9, dimensi gelagar melintang menggunakan profil WF 450 x 200 x 9 x 14 dan dimensi gelagar induk menggunakan profil WF 250 x 250 x 9 x 14. Dimensi profil ikatan angin atas Pada batang vertikal tekan menggunakan profil WF 100 x 100 x 6 x 8 dan pada batang diagonal tekan/tarik menggunakan profil L 60 x 60 x 10. Dimensi profil ikatan angin bawah Pada batang vertikal tekan/tarik menggunakan profil WF 100 x 50 x 5 x 7 dan pada batang diagonal tekan/tarik menggunakan profil L 60 x 60 x 10. Sesuai dengan kondisi jembatan abutment memiliki lebar 3,5 m dan panjang 5 m. Berdasarkan data sondir, maka dimensi pondasi sumuran berdiameter 1,5 m sebanyak 2 buah dan mempunyai kedalaman 2,8 m. Kata Kunci: Jembatan Ngipik, Kabupaten Pasuruan, Rangka Baja, Type Praat, SAP2000 V.14.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9143
Collections
  • UT - Civil Engineering

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group