Show simple item record

dc.contributor.authorDiniyyah, Fahimatud
dc.date.accessioned2020-12-17T02:08:44Z
dc.date.available2020-12-17T02:08:44Z
dc.date.issued2020-07-17
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/915
dc.description.abstractDengan bertambah majunya dunia pendidikan didalam perkembangan untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih baik. Materi didalam setiap mata pelajaran semakin kompleks dan peserta didik sudah mulai dihadapkan dengan bahan ajar yang berisikan teks bacaan yang didalamnya sangat membutuhkan keterampilan berbahasa yang baik untuk membaca, menyimak, memahami materi dan menulisnya. Tidak hanya itu, peserta didik juga diharapkan untuk lebih aktif dalam berpendapat, mengumpulkan informasi baru dan berdiskusi sehingga mampu mengeluarkan ide untuk dapat mengasah keterampilan menulisnya. Di dalam pendidikan juga sangat dibutuhkan peran seorang guru sebagai pendidik yang professional, materi yang sesuai dengan kebutuhan, strategi atau metode yang tepat untuk mencapai tujuannya, adanya evaluasi sebagai alat ukur untuk mengetahui kemampuan serta sarana prasarana untuk bisa mendukung kegiatan pembelajaran. Untuk melaksanakan pembelajaran guru juga harus dapat memilih metode yang sesuai dengan keadaan yang ada dikelas. Maka dari itu untuk mendapatkan respon yang positif dari peserta didik dalam melakaukan pembelajaran guru harus mampu menggunakan strategi atau metode semenarik mungkin untuk peserta didik, agar dapat membangkitkan semangat belajar peserta didik Berdasarkan latar belakang dalam skripsi ini peneliti melakukan penelitian yang dilatar belakangi oleh ketertarikan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita non fiksi siswa MI Khadijah. Dengan fokus penelitian sebagai berikut : (1) Bagaimana strategi guru untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita non fiksi siswa MI Khadijah Klojen Malang, (2) Bagaimana kendala dan pendukung strategi guru dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita non fiksi siswa MI Khadijah Klojen Malang. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, yaitu : untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita non fiksi siswa MI Khadijak Klojen Malang. Dan mendeskripsikan kendala serta pendukung strategi guru dalam menigkatkan keterampilan menulis cerita non fiksi siswa MI Khadijah Klojen Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitian di MI Khadijah Klojen Malang yang mana terdapat peserta didik yang masih kurang dalam keterampilan menulis. Dengan kurangnya kemampuan menulis akan berdampak kepada kemampuannya dalam mengikuti pembelajaran. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan metode dokumentasi, analisis data dengan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di MI Khadijah Klojen Malang penulis dapat menyimpulkan bahwa (1) upaya guru dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran langsung (direct instruction), dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, penugasan dan latiahan (drill). Serta guru menyediakan madding di setiap kelas. (2) kendala dan pendukung upaya guru dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa yaitu dari luar (eksternal) ataupun dalam (internal), diantaranya yaitu kurangnya rasa percaya diri pada diri siswa dan rendahnya pengetahuan baca siswa. serta pengaruh lingkungan masyarakat dan kurangnya pengawasan orang tua terhadap bahasa yang sedang digunakan anak.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectStrategi Pembelajaranen_US
dc.subjectKeterampilan Menulisen_US
dc.titleStrategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Non Fiksi Siswa MI Khadijah Klojen Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record