Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Non Fiksi Siswa MI Khadijah Klojen Malang
Abstract
Dengan bertambah majunya dunia pendidikan didalam perkembangan
untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih baik. Materi didalam setiap
mata pelajaran semakin kompleks dan peserta didik sudah mulai dihadapkan
dengan bahan ajar yang berisikan teks bacaan yang didalamnya sangat
membutuhkan keterampilan berbahasa yang baik untuk membaca, menyimak,
memahami materi dan menulisnya. Tidak hanya itu, peserta didik juga diharapkan
untuk lebih aktif dalam berpendapat, mengumpulkan informasi baru dan
berdiskusi sehingga mampu mengeluarkan ide untuk dapat mengasah
keterampilan menulisnya. Di dalam pendidikan juga sangat dibutuhkan peran
seorang guru sebagai pendidik yang professional, materi yang sesuai dengan
kebutuhan, strategi atau metode yang tepat untuk mencapai tujuannya, adanya
evaluasi sebagai alat ukur untuk mengetahui kemampuan serta sarana prasarana
untuk bisa mendukung kegiatan pembelajaran. Untuk melaksanakan pembelajaran
guru juga harus dapat memilih metode yang sesuai dengan keadaan yang ada
dikelas. Maka dari itu untuk mendapatkan respon yang positif dari peserta didik
dalam melakaukan pembelajaran guru harus mampu menggunakan strategi atau
metode semenarik mungkin untuk peserta didik, agar dapat membangkitkan
semangat belajar peserta didik
Berdasarkan latar belakang dalam skripsi ini peneliti melakukan penelitian
yang dilatar belakangi oleh ketertarikan untuk mengetahui bagaimana strategi
guru dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita non fiksi siswa MI
Khadijah. Dengan fokus penelitian sebagai berikut : (1) Bagaimana strategi guru
untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita non fiksi siswa MI Khadijah
Klojen Malang, (2) Bagaimana kendala dan pendukung strategi guru dalam
meningkatkan keterampilan menulis cerita non fiksi siswa MI Khadijah Klojen
Malang. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, yaitu : untuk
mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran untuk meningkatkan
keterampilan menulis cerita non fiksi siswa MI Khadijak Klojen Malang. Dan
mendeskripsikan kendala serta pendukung strategi guru dalam menigkatkan
keterampilan menulis cerita non fiksi siswa MI Khadijah Klojen Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitian di MI
Khadijah Klojen Malang yang mana terdapat peserta didik yang masih kurang
dalam keterampilan menulis. Dengan kurangnya kemampuan menulis akan
berdampak kepada kemampuannya dalam mengikuti pembelajaran. Sumber data
terdiri dari data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara dan metode dokumentasi, analisis data dengan reduksi,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian di MI Khadijah Klojen Malang penulis dapat
menyimpulkan bahwa (1) upaya guru dalam meningkatkan keterampilan menulis
siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran langsung (direct instruction),
dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, penugasan dan latiahan
(drill). Serta guru menyediakan madding di setiap kelas. (2) kendala dan
pendukung upaya guru dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa yaitu
dari luar (eksternal) ataupun dalam (internal), diantaranya yaitu kurangnya rasa
percaya diri pada diri siswa dan rendahnya pengetahuan baca siswa. serta
pengaruh lingkungan masyarakat dan kurangnya pengawasan orang tua terhadap
bahasa yang sedang digunakan anak.