View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Medicine
  • UT - Medical Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Medicine
  • UT - Medical Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Problem Based Learning dengan Video Case Terhadap Kemampuan Kognitif, Ketercapaian Tujuan Belajar dan Nilai Ujian Akhir Blok Mikroparasit Mahasiswa

Thumbnail
View/Open
Fulltext (21.38Mb)
Publish (2.094Mb)
Date
2023-09-11
Author
Dinatha, Reta Adyn
Metadata
Show full item record
Abstract
Pendahuluan: Mahasiswa peserta blok mikroparasit TA 2021/2022 FK UNISMA memiliki nilai UAB kurang maksimal dengan nilai dibawah C yang masih cukup tinggi (68%). Komposisi soal UAB ditentukan berdasarkan LO PBL, sehingga salah satu usaha untuk meningkatkan nilai UAB adalah dengan membuat modifikasi pada PBL tutorial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh modifikasi pada PBL tutorial dengan media pembelajaran video case terhadap kemampuan kognitif pertemuan pertama, ketercapaian tujuan belajar dalam bentuk LO dan nilai UAB blok mikroparasit mahasiswa. Metode: Metode penelitian ini adalah studi One-group pretest-posttest. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon, uji regresi logistik dan uji regresi sederhana. Penelitian dilakukan pada mahasiswa FK UNISMA yang menjalani blok mikroparasit TA 2022/2023. Sampel menggunakan purposive sampling dengan responden sebanyak 112 orang. Instrumen intervensi yang diberikan berupa PBL dengan video case. Tingkat kemampuan kognitif pada PBL tutorial pertemuan pertama diukur menggunakan pretest-posttest, ketercapaian tujuan belajar diukur menggunakan rubrik penilaian, dan nilai UAB diperoleh dari bagian akademik. Hasil: Hasil uji Wilcoxon pretest-posttest didapatkan Sig=0.000 (p<0.05). Hasil uji wald nilai posttest terhadap ketercapaian tujuan belajar didapatkan hasil Sig=0.372 (p>0.05). Hasil uji t nilai posttest terhadap nilai UAB didapatkan hasil Sig=0.074 (p>0.05). Hasil uji Spearman nilai ketercapaian tujuan belajar dengan nilai UAB didapatkan hasil Sig=0.175 (p>0.05). Kesimpulan: Problem Based Learning (PBL) dengan video case meningkatkan kemampuan kognitif mahasiswa pada tutorial pertemuan pertama, namun tidak terdapat pengaruh secara signifikan terhadap ketercapaian tujuan belajar dan nilai UAB blok mikroparasit. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL); video; ketercapaian tujuan belajar (learning objective); nilai UAB
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9160
Collections
  • UT - Medical Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group