dc.description.abstract | Investasi merupakan cerminan kondisi ekonomi suatu Negara dan suatu cara seseorang dalam memperoleh suatu keuntungan. Investasi saham di pasar modal merupakan salah satu sarana berinvestasi yang didalamnya terdapat berbagai saham dari segala sektor usaha termasuk perbankan. Harga saham yang fluktuatif menyebabkan saham yang dipilih investor selalu berdasarkan data. Tingkat keuntungan dianggap sebagai suatu informasi yang positif, karena ketika keuntungan suatu perusahaan naik, maka permintaan akan saham tersebut akan naik yang mengakibatkan harga saham juga mengalami kenaikkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Net Profit Margin (NPM), Earning Per Share (EPS) dan Return On Equity (ROE) terhadap harga saham pada perusahaan perbankan konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian explanatory research, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan konvensional yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diambil dari laporan keuangan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, yaitu memilih sampel dengan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti dan diperoleh sampel sebanyak 27 perusahaan selama periode 2020-2022. Adapun metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial NPM dan ROE berpengaruh tidak signifikan terhadap harga saham, namun EPS berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan secara simultan, NPM, EPS dan ROE berpengaruh signifikan terhadap harga saham dengan besarnya pengaruh 46% sedangkan sisanya 54% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Net Profit Margin (NPM), Earning Per Share (EPS), Return On Equity (ROE), dan Harga Saham. | en_US |