Penerapan Metode Al-Baghdadi dalam Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Kota Malang
Abstract
Metode Al-Baghdadi dalam program taman pendidikan Al-Qur‟an
merupakan metode yang sangat mudah difahami, karena materi yang di ajarkan
oleh anak-anak lebih simple dan praktis selain itu, target materinya disampaikan
sangat jelas dan tidak terikat dengan metode yang lainnya. Sedangkan teknik
pengajarannya ditekankan pada pengenalan huruf hijaiyah, pengenalan huruf
dengan harakat, pengenalan huruf sambung, pengenalan juz‘amah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program taman
pendidikan Al-Qur‟an di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Kota Malang dan
mendiskripsikan penerapan Al-Baghdadi dalam taman pedndidikan Al-Qur‟an di
Madrasah Ibtidaiyah Al - Fattah Kota Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya
adalah studi kasus. Data-data yang diperoleh oleh peneliti dengan cara
dokumentasi, wawancara, observasi di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Kota
Malang. Kemudian metode analisis yang digunakan ialah pengumpulan data,
kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan
data dilakukan dengan menggunakan ketekunan, triangulasi, diskusi teman
sejawat, serta menggunakan dari beberapa bahan referensi.
Hasil dari penelitian yang didapat menunjukan bahwa program taman
pendidikan Al-Qur‟an dengan menggunakan metode Al-Baghdadi di Madrasah
Ibtidaiyah Al-Fattah Kota Malang bahwasannya program TPQ meliputi
pembelajaran membaca Al-Qur‟an, pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah,
pembelajaran pengenalan tanda baca, pembelajaran sambung huruf hijaiyah dan
hafalan surah-surah pendek. Sedangkan penerapan yang diterapkan oleh guru
mengenai metode Al-Baghdadi yakni dengan menggunakan cara hafalan, mengeja,
dan menggunakan modul dalam pengajarannya.