Show simple item record

dc.contributor.authorRahman, Shifani Orchida
dc.date.accessioned2024-04-18T02:20:18Z
dc.date.available2024-04-18T02:20:18Z
dc.date.issued2023-07-03
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9237
dc.description.abstractUMKM (usaha mikro kecil dan menengah) memiliki peran penting dalam proses perkembangan perekonomian Indonesia, yaitu pada konstribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Batik merupakan salah satu industri dalam negeri yang menjadi warisan budaya Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO pada tahun 2009, namun karena beberapa tahun terakhir ekspor batik pada Perancis mengalami penurunan secara drastis. Oleh karena itu, penting bagi setiap perusahaan untuk mengetahui lingkungan bisnis perusahaan agar mampu mengantisipasi perubahan yang terjadi dimasa depan. Perumusan strategi juga dapat dilakukan setelah perusahaan mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman perusahaan dengan menganalisis lingkungan bisnis. Batik New Colet ialah salah satu industri batik yang saat ini juga mengalami beberapa kendala dalam menjalankan aktivitasnya usahanya, maka dari itu, perlunya analisis lingkungan bisnis untuk merumuskan strategi yang tepat tatas perubahan lingkungan yang terjadi di masa depan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis penerapan bisnis dari usaha serta strategi yang diterapkan dan perkembangan usaha dari Batik New Colet. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa faktor lingkungan bisnis internal dan eksternal, sehingga pada usaha Batik New Colet memiliki kekuatan berupa tenaga kerja yang kompeten dan produk yang berkualitas baik, kelemahan yang dimiliki ialah pemilik menjalankan usaha seorang diri serta sulitnya berinovasi pada motif batik. Peluang yang dimiliki batik New Colet ialah pemerintah dan masyarakat yang masih menggemari batik hingga saat ini, sedangkan ancaman pada Batik New Colet ialah dengan adanya persaingan antar pengusaha batik. Kata Kunci: Lingkungan Bisnis, Strategi, Perkembangan Usahaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectLingkungan Bisnisen_US
dc.subjectStrategien_US
dc.subjectPerkembangan Usahaen_US
dc.titleAnalisis Penerapan Lingkungan Bisnis Sebagai Strategi Perkembangan Usaha (Studi pada Batik New Colet Jombang)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record