dc.description.abstract | Silviyanti, 2023. Pengaruh Harga, Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Penumpang (Studi Pada Penumpang Kapal Simba 1 Tujuan Kota Kendari –Wakatobi). Dosen Pembimbing I : Daris Zunaida, S.AB., M.AB, Dosen Pembimbing II : Ainul Chanafi, S.AB., M.A.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian tiket penumpang secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat asosiatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis yang diolah menggunakan IBM SPSS Statistics versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Harga (X1) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian tiket penumpang. Hal ini ditunjukkan dengan thitung lebih besar daripada t¬tabel yaitu (2,145 > 1,661) dengan tingkat signifikan 0,034 lebih kecil daripada 0,05 sehingga Ha diterima Ho ditolak. Secara parsial Fasilitas (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian tiket penumpang. Hal ini ditunjukkan dengan thitung lebih besar daripada ttabel yaitu (2,478 > 1,661) dengan tingkat signifikan 0,015 lebih kecil daripada 0,05 sehingga Ha diterima Ho ditolak. Secara parsial Kualitas Pelayanan (X3) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian tiket penumpang. Hal ini ditunjukkan dengan thitung lebih besar daripada t¬tabel yaitu (3,050> 1,661) dengan tingkat signifikan 0,003 lebih kecil daripada 0,05 sehingga Ha diterima Ho ditolak Kemudian secara simultan Harga, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian tiket penumpang. Hal ini ditunjukkan dengan Fhitung lebih besar daripada Ftabel yaitu (34,278 > 2,14) dengan tingkat signifikan 0,000 lebih kecil daripada 0,05 sehingga Ha diterima Ho ditolak.
Kata Kunci : Harga, Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian. | en_US |