Show simple item record

dc.contributor.authorSugiarto, Mochammad Fadillah Romi
dc.date.accessioned2024-04-23T01:59:25Z
dc.date.available2024-04-23T01:59:25Z
dc.date.issued2023-07-14
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9312
dc.description.abstractPendidikan mempunyai peran untuk mengembangkan berbagai potensi peserta didik dan proses pendidikan tidak hanya diarahkan untuk menggali dan mengembangkan potensi yang ada pada diri peserta didik, tetapi juga untuk menyediakan dan mengembangkan profesionalitas tenaga pendidik. Guru mempunyai peran penting karena, tugas utama dari seorang guru yaitu menciptakan suasana dalam kelas yang menarik, dengan adanya interaksi yang dapat memberikan motivasi kepada peserta didik untuk bisa lebih belajar dengan rajin. Dalam menciptakan pengelolaan kelas yang baik, terdapat beberapa hal yang bisa mempengaruhinya, antara lain yaitu kondisi sarana dan prasarana yang baik agar dapat terciptanya proses pembelajaran yang nyaman, tenang dan menyenangkan bagi peserta didik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan strategi pengelolaan kelas PAI untuk membangun motivasi belajar siswa, pelaksanaan strategi pengelolaan kelas PAI untuk membangun motivasi belajar siswa, dan evaluasi pelaksanaan strategi pengelolaan kelas PAI untuk membangun motivasi belajar siswa di SMK Mandiri Pagelaran Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisa yang digunakan dalam penelitian ini yakni: pengumpulan data, kondensasi data, 3) penyajian data, 4) dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan strategi pengelolaan kelas PAI untuk membangun motivasi belajar siswa di SMK Mandiri Pagelaran Malang yaitu menentukan tujuan pembelajaran, membuat perangkat pembelajaran, menyiapkan materi dan bahan, menyiapkan media yang sesuai dengan metode pembelajaran, mengatur ruangan kelas, dan membentuk tata tertib kelas, jadwal piket kelas, dan mengatur perilaku siswa. Pelaksanaan strategi pengelolaan kelas PAI untuk membangun motivasi belajar siswa di SMK Mandiri Pagelaran Malang yang dilakukan yaitu guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP, penyampaian materi pembelajaran secara menarik, pengelolaan kelas yang baik, memberikan motivasi dan apresiasi kepada siswa tanpa memandang latar belakang siswa. Evaluasi strategi pengelolaan kelas PAI untuk membangun motivasi belajar siswa di SMK Mandiri Pagelaran Malang yaitu berupa penugasan, tes tulis, observasi terhadap partisipasi siswa, atau proyek penelitian kecil. Penilaian yang dilakukan dalam evaluasi ini berupa pemahaman siswa terhadap materi, keterampilan yang diperoleh, sikap dan nilai-nilai yang terbentuk, serta perkembangan spiritual siswa. Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajaren_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPengelolaan Kelasen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.titleStrategi Pengelolaan Kelas Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa di SMK Mandiri Pagelaran Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record