View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Strategi Pengelolaan Kelas Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa di SMK Mandiri Pagelaran Malang

Thumbnail
View/Open
Publish (1.455Mb)
Fulltext (3.665Mb)
Date
2023-07-14
Author
Sugiarto, Mochammad Fadillah Romi
Metadata
Show full item record
Abstract
Pendidikan mempunyai peran untuk mengembangkan berbagai potensi peserta didik dan proses pendidikan tidak hanya diarahkan untuk menggali dan mengembangkan potensi yang ada pada diri peserta didik, tetapi juga untuk menyediakan dan mengembangkan profesionalitas tenaga pendidik. Guru mempunyai peran penting karena, tugas utama dari seorang guru yaitu menciptakan suasana dalam kelas yang menarik, dengan adanya interaksi yang dapat memberikan motivasi kepada peserta didik untuk bisa lebih belajar dengan rajin. Dalam menciptakan pengelolaan kelas yang baik, terdapat beberapa hal yang bisa mempengaruhinya, antara lain yaitu kondisi sarana dan prasarana yang baik agar dapat terciptanya proses pembelajaran yang nyaman, tenang dan menyenangkan bagi peserta didik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan strategi pengelolaan kelas PAI untuk membangun motivasi belajar siswa, pelaksanaan strategi pengelolaan kelas PAI untuk membangun motivasi belajar siswa, dan evaluasi pelaksanaan strategi pengelolaan kelas PAI untuk membangun motivasi belajar siswa di SMK Mandiri Pagelaran Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisa yang digunakan dalam penelitian ini yakni: pengumpulan data, kondensasi data, 3) penyajian data, 4) dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan strategi pengelolaan kelas PAI untuk membangun motivasi belajar siswa di SMK Mandiri Pagelaran Malang yaitu menentukan tujuan pembelajaran, membuat perangkat pembelajaran, menyiapkan materi dan bahan, menyiapkan media yang sesuai dengan metode pembelajaran, mengatur ruangan kelas, dan membentuk tata tertib kelas, jadwal piket kelas, dan mengatur perilaku siswa. Pelaksanaan strategi pengelolaan kelas PAI untuk membangun motivasi belajar siswa di SMK Mandiri Pagelaran Malang yang dilakukan yaitu guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP, penyampaian materi pembelajaran secara menarik, pengelolaan kelas yang baik, memberikan motivasi dan apresiasi kepada siswa tanpa memandang latar belakang siswa. Evaluasi strategi pengelolaan kelas PAI untuk membangun motivasi belajar siswa di SMK Mandiri Pagelaran Malang yaitu berupa penugasan, tes tulis, observasi terhadap partisipasi siswa, atau proyek penelitian kecil. Penilaian yang dilakukan dalam evaluasi ini berupa pemahaman siswa terhadap materi, keterampilan yang diperoleh, sikap dan nilai-nilai yang terbentuk, serta perkembangan spiritual siswa. Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9312
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group