View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Pendidikan Agama Islam Multikultural dalam Mencegah Paham Radikalisme di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari

Thumbnail
View/Open
Publish (1.725Mb)
Fulltext (3.452Mb)
Date
2024-02-07
Author
Muzaqqi, M. Ilham
Metadata
Show full item record
Abstract
Salah satu cara untuk mencegah terdampaknya siswa dari paham radikalisme adalah dengan melakukan pendekatan dan pembiasaan yang bernilai multikultural. Penelitian ini menjelaskan bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari dalam mencegah paham radikalisme dengan menggunakan pendekatan Multikultural. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari dalam mencegah paham radikalisme dengan menggunakan pendekatan Multikultural. Oleh karena itu, penelitian ini dikonsentrasikan pada strategi Pendidikan Agama Islam yang mengintegrasikan nilai-nilai multikultural untuk mencegah paham radikalisme. Metode pengumpulan data yang dilakukan penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, serta cermat, teliti, dan berdasarkan nilai-nilai ilmiah. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga bagian, yaitu: pengumpulan data, kondensasi data dan penyajian data. Objek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam. Adapun instrumen pada penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam, waka kurikulum, kepala sekolah. Karena mereka yang tahu ekosistem lingkungan di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari dan yang berperan sebagai penyelenggara Implementasi Pendidikan Agama Islam Multikultural dalam Mencegah Paham Radikalisme di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari. Hasil penelitian yang didapatkan adalah: 1) Perencaan guru Pendidikan Agama Islam dengan mengintegrasikan nilai-nilai Multikultural. 2) Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Multikultural dalam mencegah paham radikalisme. 3) Penilaian guru Pendidikan Agama Islam Multikultural dalam mencegah paham radikalisme. Kata Kunci: Muliktultural, Strategi, Toleransi.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9314
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group