Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Film Animasi Nussa dan Rarra Karya Aditya Triantoro Episode 11-20
Abstract
Peranan Pendidikan Islam pada kalangan umat Islam merupakan sebuah
investasi yang besar sebagai cita-cita dalam mewujudkan kehidupan beragama.
Dimana dari nilai-nilai pendidikan Islam akan melahirkan sebuah adat kebiasaan
dan pola tingkah laku sebagai pencapaian dari keilmuannya, hingga diharapkan
dapat disampaikan dan diamalkan, supaya dapat tersampainya sebuah nilai-nilai
keislaman terhadap generasi penerus bangsa.
Dalam perkembangan dunia pendidikan sekarang ini telah memasuki masa
milenial, dimana pendidikan mulai bertranformasi dari media cetak menuju media
digital, Film Animasi Nussa dan Rara adalah sebuah film animasi yang bercerita
tentang kehidupan sehari-hari kakak beradik Nussa dan Rara yang sangat cocok
ditonton oleh anak, yang dibungkus dalam cerita harian dan lagu-lagu dengan
penyampaian bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami, selain itu terdapat
penanaman nilai-nilai edukasi yang mengarahkan ke dalam nilai-nilai ajaran
agama Islam, pesan-pesan moral serta motivasi terhadap kehidupan, khususnya
bagi anak.
Film serial animasi Nussa dan Rara bisa dijadikan sebuah rujukan film
yang berfungsi sebagai media pendidikan, penanaman akhlak mulia, untuk
membentuk karakter kepribadian yang baik, dan menuntun kecerdasan emosional
anak. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti dan mengkaji lebih dalam
tentang nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam film animasi Nussa dan
Rara, khususnya pada episode 11-20 yang dipilih oleh peneliti.
Dari latar belakang maka peneliti memiliki tiga fokus penelitian, yaitu:
pertama, nilai nilai pendidikan Islam apa saja yang terdapat dalam film animasi
Nussa dan Rara karya Aditya Triantoro Episode 11-20? Kedua, Bagaimana
konsep pendidikan Islam yang terdapat dalam film animasi Nussa dan Rara karya
Aditya Triantoro Episode 11-20? Ketiga, Bagaimana relevansi film animasi Nussa
dan Rara karya Aditya Triantoro dalam pendidikan Islam. Keempat, Bagaimana
relevansi film animasi Nussa dan Rara dengan konsep pendidikan Islam menurut
Hamka
vii
Untuk mencapai Tujuan penelitian, maka peneliti menggunakan jenis
penelitian kajian pustaka atau library research. Sumber data yang digunakan
terdiri dari sumber data primer, yaitu vidio film animasi Nussa dan Rara, dan
sumber data sekunder yaitu berupa buku-buku, majalah, dan literatur-literatur
yang relevan yang relevan dengan penelitian untuk memperkuat pendapat dan
melengkapi hasil penelitian.
Hasil penelitian ini adalah terdapat nilai-nilai pendidikan Islam dalam film
animasi Nussa dan Rara karya Aditya Triantoro episode 11-20 yaitu Jangan kalah
sama setan, Tak bisa balas, Rarra sakit, Libur jangan lalai, Jadi suka sayur,
Latihan puasa, Bukan Mahrom, Puasa pertama Rarra, Baik itu mudah, dan Sedia
payung sebelum hujan. Nilai-nilai pendidikan Islam tersebut meliputi pendidikan
akidah, pendidikan ibadah, dan pendidikan akhlak. Adapun konsep pendidikan
Islam dalam film animasi Nussa dan Rara yaitu ingin mewujudkan sebuah sebuah
kesempurnaan umat manusia yang terdapat dari pengamalan ilmu serta akhlak
untuk dapat mendekatkan diri kepada Allah. Relevansi film ini dalam pendidiakan
Islam, yaitu: tujuan, komponen pendidikan Islam, dasar pendidikan Islam, dan
sebuah tayangan dakwah. Nilai-nilai yang terdapat dalam film ini berhubungan
dengan konsep pendidian Islam menurut Hamka yakni urgensi pendidikan, materi
pembelajaran, tujuan pendidikan, dan pendidik.
Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu: bagi seorang
pendidik film ini mampu dijadikan sebuah media pembelajaran yang memberikan
nilai-nilai pendidikan Islam, bagi para orang tua untuk mampu mengarahkan
anak-anaknya dalam memilih dan memilah sebuah tontonan terutama yang
mengandung sebuah pendidikan.