Show simple item record

dc.contributor.authorDewi, Zenny Anggraini
dc.date.accessioned2020-12-19T01:42:03Z
dc.date.available2020-12-19T01:42:03Z
dc.date.issued2020-07-28
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/938
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan metode modelling pada pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X MAN 1 Kota Malang dengan cara membandingkan hasil tes sebelum dan sesudah diterapkan metode modelling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan siswa dalam menulis teks eksposisi dalam segi isi, organisasi, dan bahasa siswa kelas X MAN 1 Kota Malang sebelum (pretest), sesudah (posttest) menggunakan motede modelling, serta mendeskripsikan perbedaan keterampilan siswa sebelum dan sesudah menggunakan modelling. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen one group prates-pascatest dengan teknik yang digunakan adalah simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Kota Malang Tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian dipilih secara random adalah kelas X Mipa 5 yang berjumlah 33 siswa. Maka, penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Data penelitian berupa angka, data, dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif yang bertujuan untuk mencari rata-rata dan diagram, uji normalitas untuk mengetahui data yang diperoleh normal atau tidaknya dalam penelitian, uji homogenitas untuk mengetahui dua kelompok pretest dan posttest mempuyai ragam yang sama atau tidak, uji-t untuk mengetahui perbedaan hasil keterampilan menulis teks eksposisi sebelum dan sesudah diterapkan metode modelling. Berdasarkan hasil penelitian dapat dipaparkan beberapa hal, yaitu 1) keterampilan menulis teks eksposisi dalam segi isi, organisasi, bahasa sebelum diterapkan metode modelling termasuk kategori kurang dengan rata-rata nilai 64, 2) keterampilan menulis teks eksposisi dalam segi isi, organisasi, bahasa sesudah diterapkan metode modelling termasuk kategori baik dengan rata-rata nilai 84, 3) perbedaan keterampilan menulis teks eksposisi dalam segi isi, organisasi, bahasa siswa kelas X MAN 1 Kota Malang sebelum dan sesudah diterapkan metode modelling dianalisis dengan menggunakan program SPSS 20.0. Berdasarkan uraian di atas, simpulan dari penelitian ini adalah metode modelling efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa MAN 1 Kota Malang. Hasil nilai terlihat pada perbedaan vii keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X MAN 1 Kota Malang sesudah diterapkan metode modelling dengan dapat dilihat dari hasil rata-rata posttest lebih besar yaitu 84 daripada hasil rata-rata pretest yaitu 64. Dari hasil hitungan manual menggunakan nilai –t. Pengujian hipotesis bisa disimpulkan bahwa nilai thitung 13.593 lebih tinggi dar t-tabel sebesar 2.042. Jika diperhatikan hasil nilai thitung tersebut artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis teks eksposisi siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode modelling. Dengan demikian bahwa, metode modelling ini efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMetode Pembelajaranen_US
dc.subjectKeterampilan Menulis Teks Eksposisien_US
dc.subjectMetode Modellingen_US
dc.titleEfektivitas Penggunaan Metode Modelling pada Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa MAN 1 Kota Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record