Efektivitas Penggunaan Metode Modelling pada Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa MAN 1 Kota Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan
metode modelling pada pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi siswa
kelas X MAN 1 Kota Malang dengan cara membandingkan hasil tes sebelum dan
sesudah diterapkan metode modelling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan keterampilan siswa dalam menulis teks eksposisi dalam segi isi,
organisasi, dan bahasa siswa kelas X MAN 1 Kota Malang sebelum (pretest),
sesudah (posttest) menggunakan motede modelling, serta mendeskripsikan
perbedaan keterampilan siswa sebelum dan sesudah menggunakan modelling.
Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen
one group prates-pascatest dengan teknik yang digunakan adalah simple random
sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1
Kota Malang Tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian dipilih secara random
adalah kelas X Mipa 5 yang berjumlah 33 siswa. Maka, penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen. Data penelitian berupa angka, data, dianalisis dengan
teknik analisis statistik deskriptif yang bertujuan untuk mencari rata-rata dan
diagram, uji normalitas untuk mengetahui data yang diperoleh normal atau
tidaknya dalam penelitian, uji homogenitas untuk mengetahui dua kelompok
pretest dan posttest mempuyai ragam yang sama atau tidak, uji-t untuk
mengetahui perbedaan hasil keterampilan menulis teks eksposisi sebelum dan
sesudah diterapkan metode modelling.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dipaparkan beberapa hal, yaitu 1)
keterampilan menulis teks eksposisi dalam segi isi, organisasi, bahasa sebelum
diterapkan metode modelling termasuk kategori kurang dengan rata-rata nilai 64,
2) keterampilan menulis teks eksposisi dalam segi isi, organisasi, bahasa sesudah
diterapkan metode modelling termasuk kategori baik dengan rata-rata nilai 84, 3)
perbedaan keterampilan menulis teks eksposisi dalam segi isi, organisasi, bahasa
siswa kelas X MAN 1 Kota Malang sebelum dan sesudah diterapkan metode
modelling dianalisis dengan menggunakan program SPSS 20.0.
Berdasarkan uraian di atas, simpulan dari penelitian ini adalah metode
modelling efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks
eksposisi pada siswa MAN 1 Kota Malang. Hasil nilai terlihat pada perbedaan
vii
keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X MAN 1 Kota Malang sesudah
diterapkan metode modelling dengan dapat dilihat dari hasil rata-rata posttest
lebih besar yaitu 84 daripada hasil rata-rata pretest yaitu 64. Dari hasil hitungan
manual menggunakan nilai –t. Pengujian hipotesis bisa disimpulkan bahwa nilai thitung 13.593 lebih tinggi dar t-tabel sebesar 2.042. Jika diperhatikan hasil nilai thitung tersebut artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan
menulis teks eksposisi siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode modelling.
Dengan demikian bahwa, metode modelling ini efektif digunakan dalam
pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi.