Implementasi Metode Mind mapping dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Muatan IPS Tema 1 Kelas V di MI Attaraqqie Putri Malang
Abstract
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sering tidak diperhatikan oleh karena berkaitan dengan letak geografis Indonesia yang mengakibatkan siswa tidak terlalu tertarik terlebih jika dalam mengajarnya monoton tanpa ada variasi metode. Berdasarkan observasi awal pada pembelajaran IPS di Kelas V MI Attaraqqie Putri Malang masih banyak siswa yang kurang memahami materi yang disampaikan guru dengan baik. Hal tersebut disebabkan karena guru kurang kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran yang mana guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa ada peran siswa sehingga siswa merasa jenuh dan kurang tertarik, hal tersebut mengakibatkan pola berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPS rendah.
Pada kondisi tersebut perlu diberikan tindakan oleh guru dengan menggunakan metode pembelajaran yang menarik yaitu metode pembelajaran Mind mapping untuk meningkatkan kualitas berpikir kreatif siswa. Metode pembelajaran Mind mapping merupakan salah satu metode pembelajaran yang melibatkan peran siswa sehingga tidak hanya guru yang aktif memberikan penjelasan. Metode mind mapping merupakan metode yang berinovatif, melatih siswa agar mengubah pola pikir yang biasa menjadi semakin kreatif, melatih siswa agar mudah berinteraksi dengan teman, serta mampu mengemukakan pendapat dalam berdiskusi kelompok maupun dalam menyampaikan hasil diskusi kelompok tersebut.
Mayoritas metode pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran IPS adalah dengan metode ceramah. Peserta didik hanya menyimak perkataan guru tanpa memunculkan gagasan peserta didik dan tanpa adanya media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran. Dampaknya siswa akan mudah merasa bosan dan kurang antusias dalam pembelajaran, karena tidak adanya suasana belajar yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Oleh karena itu penelitian ini mendeskripsikan tentang penggunaan metode mind mapping untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V di MI Attaraqqie Putri Malang. Dengan fokus penelitian peneliti gunakan adalah bagaimana implementasi metode mind mapping dalam pembelajaran IPS dan bagaimana peningkatan berpikir kreatif dalam pembelajaran IPS melalui metode mind mapping kelas V di MI Attaraqqie Putri Malang.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan lokasi penelitian di MI Attaraqqie Putri Malang. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (pengamatan), wawancara, dokumentasi dan tes hasil belajar. Dengan instrumen yang meliputi lembar observasi dan lembar soal. Untuk teknik pengecekan data dilakukan dengan dua cara yakni triangulasi dan presistent observation. Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut : adanya perubahan dalam diri siswa, seperti mulai menunjukkan antusiasnya dalam mengikuti kegiatan belajar pengajar serta tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal yang diberikan oleh peneliti.
Kemudian terjadi peningkatan pada minat belajar siswa. Siswa yang awalnya kurang semangat dan kurang bergairah dalam belajar kini semakin berantusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Sehingga selalu mengalami peningkatan pada pola berpikir kreatif dalam tiap siklusnya. Terbukti dengan dilihat dari peningkatan presentase dari hasil berpikir siswa yakni dengan bukti nilai siklus I ialah 68,29% dengan ketuntasan belajar berpikir kreatif yang masih dibawah KKM. Maka setelah diberikan tindakan melalui metode mind mapping meningkat menjadi 100%. Beberapa catatan untuk guru yakni tidak hanya pandai dalam menggunakan metode pembelajaran, akan tetapi guru juga harus memperhatikan respon dan minat siswa ketika kegiatan proses pembelajaran. Karena dengan adanya minat belajar siswa maka hasil berpikir kreatif siswa akan semakin maksimal.
Kata Kunci : Metode, Mind mapping, Berpikir Kreatif