Implementasi Madrasah Digital dalam Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar di MIN 1 Kota Malang
Abstract
Madrasah memiliki peran yang penting dalam pembangunan bangsa. Madrasah menjadi wadah bagi orang tua untuk membantu anak berkembang sesuai dengan zaman, minat dan bakat yang dimilikinya. Dewasa ini, madrasah juga harus berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Terlebih menilik zaman yang terus maju menuntut madrasah harus selangkah lebih terdepan, supaya dapat menjadi teladan sekaligus pembelajaran bagi siswa itu sendiri untuk terus berjalan seiringan dengan pembaharuan-pembaharuan yang ada. Selain itu, era digital telah menyebar ke berbagai belahan dunia. Mereka semua saling berhubungan seolah-olah tidak ada batasan fisik yang dapat bertindak sebagai penghalang.
Adanya era digital yang menggusur dan mendominasi periode konvensional inilah yang menyebabkan semua terjadi. oleh karena itu, dampak digital juga tidak dapat dipisahkan dari pendidikan. Pendidikan dibarengi dengan adanya digital mampu membantu madrasah dalam mengembangkan kualitas agar kedepannya lebih baik. terutama dalam kegiatan administrasi maupun menunjang proses belajar mengajar yang diadakan. Maka dari itu erat hubungannya antara digitalisasi dengan proses belajar mengajar guna mempermudah pembelajaran yang dilaksanakan. Dengan demikian, penulis ingin meneliti tentang bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari madrasah digital yang diimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar di madrasah. Untuk penelitian ini, penulis memilih MIN 1 Kota Malang sebagai tempat penelitian.
Penelitian ini bersifat kualitatif dan berupaya menjelaskan fenomena yang diteliti. Hal ini khususnya berfokus pada cara-cara di mana madrasah digital direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi kaitannya dengan kegiatan belajar mengajar di madrasah. Metodologi studi kasus diterapkan. melalui penggunaan sumber data primer dan sekunder.
Hasil penelitian ini adalah bahwasanya madrasah MIN 1 Kota Malang telah menerapkan digitalisasi bahkan jauh sebelum diresmikannya madrasah digital di MIN 1 Kota Malang itu sendiri. Madrasah berupaya mengikuti perkembangan zaman bahkan berusaha selangkah lebih maju dalam digitalisasi. Kegiatan dengan digital di MIN 1 Kota Malang terdapat dalam setiap aspek kegiatan. Salah satunya yang paling terlihat adalah pada proses kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan setiap harinya dilengkapi dengan fasilitas yang menunjang digitalisasi. Madrasah telah mengenalkan digital pada siswa-siswi sejak memasuki kelas bawah hingga pada kelas atas yang lebih mumpuni dengan arahan dan bimbingan yang sesuai. Meskipun bertahap, hal ini mampu dicerna dan diikuti oleh setiap siswa, tidak hanya pada siswa, namun juga tenaga pendidik, serta wali murid dari siswa-siswi itu sendiri. Dari uraian diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa implementasi madrasah digital diterapkan dengan baik dalam segala aspek yang berhubungan dengan kegiatan madrasah, dan yang paling terlihat pada kegiatan belajar mengajar yang tentunya harus difasilitasi dengan berbagai hal. Dalam penerapannya juga melibatkan seluruh warga madrasah sehingga semua pihak dapat merasakan. Namun dari semua itu, masih ada beberapa hambatan yang dialami seperti tidak semua tenaga pendidik mampu menerapkan digitalisasi, jaringan internet yang kadang mengalami kendala sehingga harus segera diselesaikan, serta biaya perawatan yang kadang tidak sedikit. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran diatas adalah dengan bagaimana upaya madrasah dalam memotivasi dan memfasilitasi tenaga pendidik agar dapat menerapkan digitalisasi dan rutin mengadakan pengawasan serta evaluasi sehingga terus bisa memperbaiki sistem digitalisasi di madrasah.
Kata kunci: Madrasah Digital, Belajar, Mengajar.