Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Mts Darun Najah Karangploso
Abstract
Dalam dunia pendidikan tentunya tidak terlepas dari istilah pembelajaran, yaitu proses yang diberikan pendidik kepada peserta didik agar dapat terjadi perolehan ilmu dan pengentahuan sesuai rencana pengajaran yang telah diprogam. Proses pembelajaran bertujuan untuk mencapai perubahan terhadap peserta didik, dari yang tidak tahu menjadi tahu dan dari yang tidak paham menjadi paham. Seperti sudah diketahui secara umum, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah-sekolah umum memiliki waktu yang lebih minim dibanding dengan sekolah-sekolah madrasah. Sehingga kegiatan pembelajarannya pun lebih sedikit. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengamati bagaimana proses pembelajaran pada mata pelajaran Fiqih di MTs darun najah karangploso berlangsung.
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran Metode Ceramah Dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar, Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan metode ceramah dan diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Bagaimana evaluasi pembelajaran dengan metode ceramah dan diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada mata pelajaran Fiqih kelas VII Di Mts Darun Najah Karangploso, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, pendekatan kualitatif adalah sebuah prosedur penelitian yang akan menghasilkan sebuah data deskriptif yang berupa ucapan tertulis atau wawancara dan perilaku yang di amati. Untuk mengumpulkan data dari sumber yang ada di lapangan subyek yang dipilih peneliti pada penelitian ini adalah waka kurikulum, guru fikih dan siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan guru dalam meningkatkan pembelajaran fikih siswa di MTs darunnajah karangploso yang ditujukan oleh guru mata pelajaran, diantaranya yaitu dengan diadakan MGMP (musyawarah guru mata pelajaran), seminar, webinar dan sejenisnya. Dengan cara memberikan bimbingan kepada guru mata pelajaran untuk memberikan tugas terstruktur dan tugas mandiri kepada siswa, mengikutsertakan guru pada kegiatan MGMP tingkat regional, penataran kependidikan, serta diklat guru. Selain itu MTs darunnajah karangploso juga menyediakan fasilitas berupa sarana dan prasarana yang menunjang proses belajar mengajar seperti LCD proyektor, internet, alat, dan sumber belajar yang memadai, perencanaa yang ditemukan peneliti pada kelas VII MTs darunnajah karangploso yaitu guru menciptakan suasana yang berbeda di dalam kelas, bagaimana cara guru untuk menghidupkan suasana kelas, sehingga menjadi lebih bersemangat, Menggunakan metode ceramah dan sedikit di selingi dengan bercanda agar para siswa merasa bosan.
Kata Kunci: Perencanaan Pembelajaran, Metode Ceramah dan Diskusi, Hasil Belajar