Pengembangan Board Game The Andalus (Sejarah Bani Umayyah II) pada Mata Pelajaran SKI Untuk Siswa Kelas 7 SMPN 02 Tumpang
Abstract
Materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan materi yang memiliki kesulitan tersendiri bagi peserta didik karena materi teresbut identik dengan menghafalkan tokoh-tokoh, peristiwa, dan tahun kejadian di masa lampau. Hal ini menyebabkan minat siswa terhadap pembelajaraan materi SKI cenderung kurang diminati dan sejalan dengan masalah tersebut pemanfaatan media pembelajaran sebagai sarana potensial untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran SKI belum sepenuhnya diterapkan dalam dunia pendidikan.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis board game yang diberi nama The Andalus sebagai alternatif media pembelajaran untuk mata pelajaran PAI kelas VII materi Sejarah Bani Umayyah II di Andalusia. Harapan penelitian ini dapat menjadikan solusi dari kurangnya minat siswa terhadap materi SKI disekolah.
Metode yang digunakan pada penelitian adalah Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluate. Tahapan penelitian Model ADDIE terdapat lima langkah yaitu (1) Analisis (Analyze) untuk mengamati kesenjangan dan menetukan kebutuhan peserta didik ketika proses pembelajaran berlangsung (2) Perencanaan (Design) yaitu tahap untuk memetakan kebutuhan yang akan dikembangkan seperti memilih materi, menentukan desain, dan model media pembelajaran, (3) Pengembangan (Develop), tahap ini peneliti mulai melakukan produksi secara nyata sesuai rancangan produk yang telah dibuat, (4) Implementasi (Implement) adalah tahap untuk melakukan uji coba dan mengukur tingkat efektivitas media yang telah dibuat, (5) Evaluasi (Evaluate) tahap terakhir adalah evaluasi dengan mengumpulkan seluruh data perbaikan dan melakukan penyempurnaan dari seluruh proses.
Hasil penelitian ditemukan bahwa media pembelajaran board game The Andalus dinilai positif berdasarkan respon siswa dengan persentase sebesar 92% disaat uji coba produk pada kelompok kecil dan mendapatkan persentase 93,06% saat uji coba produk pada kelompok yang lebih besar. Serta respon guru mendapatkan nilai sebesar 86,5 % maka dari seluruh hasil tersebut dinyatakan bahwa media board game The Andalus menarik menurut guru dan siswa.
Kata Kunci : Pengembangan, Board Game, Sejarah Kebudayaan Islam