Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Program Keagamaan di MTs Negeri Kota Batu
Abstract
Mengingat betapa buruknya karakter generasi kita, maka pendidikan karakter sangatlah penting. Untuk itu Kementerian Pendidikan Nasional telah mengembangkan kurikulum pendidikan karakter bagi siswa. Penting sekali untuk memberikan pendidikan karakter kepada generasi kita. Oleh karena itu, pendidikan karakter dapat menjadi solusi untuk mengatasi kelemahan karakter generasi kita, termasuk karakter religius. Berdasarkan hal tersebut, peneliti menguraikan fokus permasalahan mengenai implementasi pendidikan karakter religius melalui program keagamaan di MTs Negeri Kota Batu. Guru adalah orang yang berperan dalam pembentukan kepribadian religius dengan cara tertentu dan melalui faktor tertentu.
Madrasah Tsanawiya Negeri Kota Batu merupakan lembaga pendidikan yang memadukan nilai-nilai keilmuan dan agama serta mempunyai tanggung jawab yang besar untuk menghasilkan generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga dikaruniai karakter yang hebat. Salah satu pendekatan dalam penerapan pendidikan karakter di MT Negeri Kota Batu adalah dengan program keagamaan. Oleh karena itu, peneliti disini melakukan penelitian dengan judul ``Implementasi Pendidikan Seksualitas Religius Melalui Program Keagamaan di MTs Negeri Kota Batu''.
Dalam hal ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Terkait hasil yang didapatkan yakni Guru harus bisa memaksimalkan dalam mendidik dan mendampingi siswa dalam melakukan program-program keagamaan Memenuhi kebutuhan peserta didik dan siswa dapat beradaptasi dengan pembiasaan Ubudiyah atau program-program keagamaan Islam supaya dapat memberikan teladan yang baik dalam penerapan pendidikan karakter religius terhadap peserta didik melalui program keagamaan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter religius melalui program keagamaaan di MTs Negeri Kota Batu Itu berjalan seperti yang diharapkan. Mulai dari perbuatan yang relatif sederhana, kemampuan menunaikan kewajiban, menaati aturan, dan menjalankan status sebagai pelajar yang beragama dan berakhlak mulia. Dan hal ini tidak terlepas dari faktor-faktor yang menjamin keberhasilan proses penerapan pendidikan karakter religius melalui program keagamaan pada peserta didik.
Kata kunci : Program Keagamaan, Pendidikan Karakter religius, Implementasi