dc.description.abstract | Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan terhadap guru matmatika SMP Islam Hidayatul Mubtadiin, guru setuju dalam pembelajaran matematika hanya menggunakan bahan ajar cetak dan tidak menyusun bahan ajar sendiri sesuai kebutuhan, karakteristik dan kemandirian siswa dalam belajar serta tuntutan perkembangan teknologi perlu disusun bahan ajar yang dapat mendukung siswa untuk belajar mandiri dan fleksibel. Sedangkan berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa, 75,24% siswa setuju dikembangkan E-LKPD intraktif berbasis RME untuk meningkatkan kemandirian dan motivasi belajar siswa.
Pengembangan ini bertjuan untuk mengetahui hasil pengembangan E-LKPD interaktif dengan live worksheets berbasis realistic mathematic education (RME) pada materi peluang kelas VIII. Sedangkan tujuan pemgembangan ini secara khusus antara lain (1) Untuk mengetahui proses pengembangan E-LKPD interaktif dengan live worksheets berbasis RME pada materi peluang kelas VIII, (2), Untuk mengetahui kevalidan E-LKPD interaktif dengan live worksheets berbasis RME pada materi peluang kelas VIII, (3) Untuk mengetahui kepraktisan E-LKPD interaktif dengan live worksheets berbasis RME pada materi peluang kelas VIII.
Jenis peneleitian yang akan dilakukan adalah penelitian pengembangan (research & development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap antara lain (1) Analyse/ Analisis, (2) Design/ Desain, (3) Development/ Pengembangan, (4) Implemetation/ Implmentasi dan (5) Evaluation/ Evaluasi. Hasil pengembangan E-LKPD interaktif dengan live worksheets berbasis RME ini divalidasi oleh dosen matematika Universitas Islam Malang sebagai validator ahli materi dan validator ahli media pembelajaran. Sedangkan kepraktisan penggunaan E-LKPD dinilai oleh 2 guru matematika SMP sebagai praktisi dan 6 siswa kelas VIII SMP Islam Hidayatul Mubtadiin sebagai pengguna/ user.
Berdasarkan data hasil validalitas produk, ahli materi menyatakan 86,7% produk valid, ahli media pembelajaran menyatakan 80% produk valid. Sedangkan kepraktisan produk dilihat dari penilaian olh praktisi dan pengguna. Praktisi menyatakan 97,2% produk praktis dan pengguna/ user menyatakan 86,11% produk praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk E-LKPD yang dihasilkan praktis. Berdasarkan analisis kevalidan dan kepraktisan produk, dapat dinyatakan E-LKPD interaktif dengan live worksheets berbasis RME layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi peluang kelas VIII.
Kata Kunci : Pengembangan, E-LKPD interaktif, Realistic Mathematic Education (RME), Live worksheets, Peluang | en_US |