Show simple item record

dc.contributor.authorBella, Alifia Merza
dc.date.accessioned2024-05-11T02:36:12Z
dc.date.available2024-05-11T02:36:12Z
dc.date.issued2024-01-31
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9536
dc.description.abstractProduksi tanaman krisan di Indonesia terus mengalami peningkatan tiap tahunya, sehingga permintaan bibit krisan juga meningkat, hal ini dapat menjadi peluang yang cukup besar bagi para produsen bibit krisan untuk mengembangkan target pasar mereka. Namun produsen bibit krisan kurang menganalisis bagaimana prospek pasar atau keadaan pasar yang menjadikan mereka kurang mengetahui apa keinginan konsumen, apabila produsen mengetahui market pasar dengan baik tentunya akan menambah penjualan dan pendapatan. Salah satu cara yang dapat digunakan yaitu menganalisis kepuasan konsumen, dengan mengetahui tingkat kepuasan konsumen nantinya produsen bibit krisan dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan produknya sehingga dapat melakukan peningkatan yang berdampak pada penjualan mereka. Sehingga peneliti ini tertarik menganalisis Pengaruh Pelayanan, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Bibit Krisan di Bumiaji Kota Batu dengan tujuan untuk mengetahui apakah harga, pelayanan, dan kualitas produk yang mempengaruhi kepuasan konsumen bibit krisan dan untuk menentukan faktor mana yang menjadi prioritas perbaikan dalam kepuasan konsumen. Lokasi penelitian ini dilakukan secara purposive sampling (sengaja) di Desa Bumiaji Kota Batu berdasarkan pertimbangan lokasi tersebut penghasil bunga krisan terbanyak di Kota Batu. Pengambilan sempel secara accidental sampling sebanyak 40 responden yaitu para petani krisan di Desa Bumiaji Kota Batu. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Teknik analisis regresi berganda untuk menganalisis tujuan pertama, customer statisfaction index (CSI) dan analisis importance performance analysis (IPA) untuk menganalisis tujuan kedua. Hasil penelitian pada tujuan pertama menggunakan analisis regresi berganda dari uji t nilai Sig. harga (0.00<0.05) dan nilai t hitung (6.638>2.028) yang berarti berpengaruh, nilai Sig. pelayanan (0.033<0.05) dan nilai t hitung pelayanan (2.214>2.028) yang berarti berpengaruh, dan nilai Sig. dari kualitas produk (0.00<0.05) dengan nilai t hitung kualitas produk (5.578>2.028) yang berarti berpengaruh. Terdapat pengaruh secara stimulant atau bersama-sama bahwa ketiga variabel tersebut yaitu harga, pelayanan, dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen bibit krisan ditunjukkan dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel yaitu 57.375>3.25 dengan tingkat signifikansi 0.00 lebih kecil dari 0.05. Nilai koefisien determinasi sebesar 81% yang berarti tingkat kepuasan konsumen yang diberikan terhadap harga, pelayanan, dan kulitas produk sebesar 81%. Hasil penelitian pada tujuan kedua dianalisi menginakan analisis customer statisfaction index (CSI) dan analisis importance performance analysis (IPA). Pada analisi CSI nilai kepuasan konsumen bibit krisan di Desa Bumiaji Kota Batu sebesar 70.09% dan nilai ini termasuk kedalam kategori kedua yaitu puas, yang berarti mayoritas konsumen merasa puas dengan harga, pelayanan, dan kualitas produk yang diberikan oleh produsen bibit krisan. Atribut-atribut penelitian yang harus menjadi prioritas perbaikan berdasarkan analaisi IPA yaitu X2.6 (pengemasan yang terjamin keamanannya), X2.11 (keterjaminan ketersediaan bibit) , X3.3 (daya tumbuh bibit krisan yang baik), X3.5 (keseragaman pertumbuhan bibit krisan), X3.8 (standar kualitas bibit krisan yang stabil). Saran yang direkomendasikan dari hasil penelitian dan analisi yang telah digunakan adalah : Melakukan perbaikan proses pengemasan secara safety untuk bibit krisan yang akan dipasarkan misalnya dengan pengemasan dalam box atau tray, melakukan manajemen persedian yang baik melakukan penjadwalan secara teratu untuk produksi bibit krisan, pada saat produksi produsen malakukan pengawasan dan konsiistensi terkait pertumbuhan bibit sampai membentuk akar dan bagian lainnya, pada saat produksi produsen malakukan pengawasan dan konsiistensi terkait pertumbuhan bibit sampai membentuk akar dan bagian lainnya, konsistensi proses produksi yang baik alat pupuk dan lain sebagainya secara tepat. Kata Kunci : Pengaruh Harga, Pelayanan dan Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen Bibit Krisan, Desa Bumiaji Kota Batuen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPengaruh Hargaen_US
dc.subjectPelayanan dan Kualitas Produken_US
dc.subjectKepuasan Konsumen Bibit Krisanen_US
dc.subjectDesa Bumiaji Kota Batuen_US
dc.titlePengaruh Harga, Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Bibit Krisan di Desa Bumiaji Kota Batuen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record