Keluarga merupakan lingkungan yang pertama dan utama bagi anak-anaknya.
Dalam keluarga peranan orang tua sangatlah penting. Mereka merupakan model
atau cermim bagi anak-anaknya. Oleh karena itu orang tua harus membiasakan,
mengawasi, dan membina pendidikan agama Islam bagi anak-anknya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi pengetahuan
pendidikan agama Islam bagi remaja (SMP-SMA) di RW 02 Kelurahan Merjosari
Malang, untuk mendeskripsikan upaya keluarga dalam memberikan pendidikan
agama Islam bagi anak remaja (SMP-SMA) di RW 02 Kelurahan Merjosari Malang
dan untuk mendeskrpsikan kendala yang dihadapi keluarga dalam penguatan
pendidikan agama Islam bagi remaja (SMP-SMA) di RW 02 Kelurahan Merjosari
Malang.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh berasal dari observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Dalam hal ini peneliti berperan sebagai partisipan sepenuhnya atau
instrumen sepenuhnya, dimana peneliti merupakan perencana, pelaksana,
pengumpul data, penganalisis, penafsir data, dan kesimpulan akhr penelitian serta
melaporkan hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya Keluarga Dalam Penguatan
Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Remaja (SMP-SMA) di RW 02 Kelurahan
Merjosari Malang dinilai sangat baik, karena dalam pelaksanaannya keluarga
sangat berperan untuk menguatkan pendidikan agama Islam bagi anak-anaknya,
salah satunya dengan memberikan pendidikan yang baik, mengikut sertakan anakanaknya dalam kegiatan keagamaan, menanamkan dalam diri anak akan pentingnya
pendidikan agama Islam, dengan harapan anak didik bisa mengamalkan dalam
kehidupan sehari-hari terutama dilingkungan sekitar yang ditinggali.