Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan, motivasi berwirausaha dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Akuntansi, Universitas Islam Malang, dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim angkatan 2019 dan 2020 yang belum diketahui jumlah pastinya. Metode pendekatannya menggunakan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling yaitu teknik pengumpulan sampel berdasarkan kriteria tertentu dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 75 responden dan menggunakan alat analisis SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan kewirausahaan, motivasi berwirausaha dan lingkungan keluarga berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha dan secara parsial pengetahuan berwirausaha, motivasi berwirausaha dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat berwirausaha.
Kata Kunci: pengetahuan kewirausahaan, motivasi berwirausaha, lingkungan keluarga, minat berwirausaha