Abstract:
Al-Qur’an adalah kitab suci bagi umat Islam yang menjadi petunjuk dalam
setiap permasalahan–permasalahan yang ada, kemampuan membaca Al-Qur’an
merupakan suatu kewajiban yang harus dimiliki semua umat Islam karena
merupakan sarana ibadah yang paling sederhana dengan berbagai macam kebaikan
yang ada didalamnya. Namun pada kenyataannya, masih banyak dari kita yang
belum pandai dalam membaca dan menulis Al-Qur’an, apalagi sampai usia remaja
hingga dewasa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi
program BTTQ (baca, tulis dan tahfidz Al-Qur’an) di SD Islam Bani Hasyim
Singosari Malang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan
implementasi program BTTQ (baca, tulis dan tahfidz Al-Qur’an) di SD Islam Bani
Hasyim Singosari Malang. Skripsi ini bermanfaat bagi guru BTTQ SD Islam Bani
Hasyim Singosari Malang sebagai bahan acuan dalam meningkatkan kemampuan
baca, tulis dan tahfidz Al-Qur’an siswa di sekolah tersebut.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang berdasarkan datadata di lapangan dan dokumen-dokumen yang menunjang. Dalam penelitian ini
juga berisi data dari wawancara dengan guru BTTQ. Metode pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah: metode wawancara, metode observasi
dan metode dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, upaya yang dilakukan oleh guru
dalam meningkatkan kemampuan baca, tulis dan tahfidz Al-Qur’an adalah pertama
menggunakan metode yang tepat sesuai dengan tingkat kemampuan siswa, kedua
menerapkan media yang sesuai pada pembelajaran BTA, ketiga mengatasi siswa
yang kurang mampu dengan menambah jam pelajaran dan pendekatan lainnya.