Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.
dc.contributor.author | Choyriah, Lailatul | |
dc.date.accessioned | 2020-12-19T03:43:42Z | |
dc.date.available | 2020-12-19T03:43:42Z | |
dc.date.issued | 2020-08-15 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/962 | |
dc.description.abstract | Komite madrasah adalah organisasi yang mewadahi peran serta masyarakat dalam memberikan pertimbangan, arah dan dukungan tenaga, sarana dan prasarana serta pengawasan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan serta memiliki kewajiban membantu madrasah untuk mencari jalan keluar terhadap apa saja yang dihadapi dalam memenuhi kebutuhan madrasah. Berdasarkan hasil observasi awal, yang di lakukan di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Polowijen peran komite Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Polowijen sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, penghubung dan pengontrol belum maksimal karena komite madrasah belum sepenuhnya memahami peran komite itu sendiri. Komite madrasah hanya membantu dalam memberikan dukungan pendanaan pembangunan dan sarana dan prasarana, menyampaikan informasi dari pihak madrasah kepada wali murid, dan pengontrol kapala madrasah ketika ada kebijakan yang tidak sesuai dengan tujuan madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah. Dari konteks penelitian diatas maka fokus penitian yakni program kerja komite madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Polowijen, peran komite madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Polowijen, faktor pendukung dan penghambat peran komite madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Polowijen. Tujuan penelitian ini adalah untuk medeskripsikan program kerja komite madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Polowijen, peran komite madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Polowijen, faktor pendukung dan penghambat peran komite madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Polowijen. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini sumber data primer dan sumber data sekunder. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan data dengan prosedur triangulasi sumber, teknik dan waktu, member check, dan diskusi sejawat. vii Dalam hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa program kerja komite yaitu rapat sekolah dan pengurus, membantu promosi madrasah, membantu mengusahakan dana untuk pembangunan madrasah, terlibat langsung dengan pertemuan wali murid dan mengevaluasi prestasi madrasah. Peran komite madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Polowijen sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pegontrol dan penghubung. Faktor pendukung peran komite madrasah yakni jarak antara rumah komite dengan madrasah, adanya dukungan dari masyarakat, adanya anak dari komite madrasah yang bersekolah disana, dalam menjalankan perannya komite dibantu oleh kepala madrasah dan adanya komunikasi yang baik dan hubungan yang harmonis antara komite madrasah dan pihak madrasah. Sedangkan faktor penghambat peran komite madrasah yakni kurangnya pemahaman komite mengenai perannya, dan kesibukan lain dari anggota komite itu sendiri, selain itu, anaknya tidak bersekolah di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Polowijen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran komite madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Polowijen yaitu sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol dan penghubung. Peran komite madrasah diaplikasikan melalui program kerja komite. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran yaitu agar komite madrasah lebih memahami tugas dan perannya untuk dapat meningkatkan mutu madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Polowijen Malang. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Malang | en_US |
dc.subject | Peran Komite | en_US |
dc.subject | Mutu Madrasah | en_US |
dc.title | Peran Komite Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Polowijen Malang | en_US |
dc.type | Other | en_US |