Pengaruh Minat Belajar Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Profesional Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Angkatan 2016 Universitas Islam Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Marzukoh, Tutik
dc.date.accessioned 2020-12-19T03:44:50Z
dc.date.available 2020-12-19T03:44:50Z
dc.date.issued 2020-06-14
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/963
dc.description.abstract Seorang guru ketika akan mengajar harus memiliki kesiapan dalam mengajar yang baik. Kesiapan sangatlah penting dalam melaksanakan segala sesuatu kegiatan termasuk juga mengajar. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesiapan mahasiswa untuk menjadi guru. Slameto (2010:54) dalam praptiana (2017:18), menyebutkan beberapa faktor kesiapan tersebut adalah faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern yang meliputi kesehatan, intelegensi, minat dan bakat, sedangkan faktor ekstern meliputi keluarga, sekolah dan masyarakat. Minat belajar mahasiswa yang baik maka akan bersungguh-sungguh dalam mempelajari bidangnya, sehingga tidak menutup kemungkinan kompetensikompetensi seorang guru akan ia kuasai. Sebaliknya jika minat belajar mahasiswa tersebut rendah maka ia kurang bersungguh-sungguh dalam mempelajari bidangnya, sehingga tidak menutup kemungkinan kurang menguasai kompetensikompetensi seorang guru. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui minat belajar mahasiswa 2) untuk mengetahui kesiapan menjadi guru Mahasiswa 3) untuk mengetahui pengaruh minat terhadap kesiapan menjadi guru profesional mahasiswa. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan angket. Data dianalisis dengan perhitungan statistik dengan bantuan program computer SPSS 16 for windows, mendeskripsikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Tingkat minat belajar mahasiswa PGMI angkatan 2016 Universitas Islam Malang dibagi berdasarkan 5 kategori yaitu sangat kurang dengan presentase sebesar 5%, kategori kurang dengan presentase sebesar 25%, kategori sedang dengan presentase sebesar 50%, kategori baik dengan presentase sebesar 15% dan kategori sangat baik dengan presentase sebesar 5%. Dan dapat disimpulkan bahwa rata rata minat belajar mahasiswa PGMI angkatan 2016 Universitas Islam Malang adalah kategori sedang dengan besar presentase 50%. (2) Tingkat kesiapan menjadi guru profesional mahasiswa PGMI angkatan 2016 Universitas Islam Malang dibagi berdasarkan 5 kategori yaitu sangat kurang dengan presentase sebesar 5%, kategori kurang dengan presentase sebesar 20%, kategori sedang dengan presentase sebesar 10%, kategori baik dengan presentase sebesar 30% dan kategori sangat baik dengan presentase sebesar 35%. Dan dapat disimpulkan bahwa rata rata kesiapan menjadi guru profesional mahasiswa PGMI angkatan 2016 Universitas Islam Malang adalah kategori sangat baik dengan besar ii presentase 35%. (3) Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa h0 diterima dan hi ditolak yaitu terdapat pengaruh minat belajar terhadap kesiapan menjadi guru profesional mahasiswa Pendidikan Guru Madarsah Ibtidaiyah angkatan 2016 Universitas Islam Malang dengan presentase sebesar 28%. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Minat Belajar en_US
dc.subject Kesiapan Menjadi Guru Profesional en_US
dc.title Pengaruh Minat Belajar Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Profesional Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Angkatan 2016 Universitas Islam Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account