Pengaruh Minat Belajar Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Profesional Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Angkatan 2016 Universitas Islam Malang
Abstract
Seorang guru ketika akan mengajar harus memiliki kesiapan dalam
mengajar yang baik. Kesiapan sangatlah penting dalam melaksanakan segala
sesuatu kegiatan termasuk juga mengajar. Ada beberapa faktor yang
mempengaruhi kesiapan mahasiswa untuk menjadi guru. Slameto (2010:54)
dalam praptiana (2017:18), menyebutkan beberapa faktor kesiapan tersebut adalah
faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern yang meliputi kesehatan, intelegensi,
minat dan bakat, sedangkan faktor ekstern meliputi keluarga, sekolah dan
masyarakat. Minat belajar mahasiswa yang baik maka akan bersungguh-sungguh
dalam mempelajari bidangnya, sehingga tidak menutup kemungkinan kompetensikompetensi seorang guru akan ia kuasai. Sebaliknya jika minat belajar mahasiswa
tersebut rendah maka ia kurang bersungguh-sungguh dalam mempelajari
bidangnya, sehingga tidak menutup kemungkinan kurang menguasai kompetensikompetensi seorang guru.
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui minat belajar
mahasiswa 2) untuk mengetahui kesiapan menjadi guru Mahasiswa 3) untuk
mengetahui pengaruh minat terhadap kesiapan menjadi guru profesional
mahasiswa.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan kuantitatif dengan
jenis penelitian survey. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan angket.
Data dianalisis dengan perhitungan statistik dengan bantuan program computer
SPSS 16 for windows, mendeskripsikan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Tingkat minat belajar
mahasiswa PGMI angkatan 2016 Universitas Islam Malang dibagi berdasarkan 5
kategori yaitu sangat kurang dengan presentase sebesar 5%, kategori kurang
dengan presentase sebesar 25%, kategori sedang dengan presentase sebesar 50%,
kategori baik dengan presentase sebesar 15% dan kategori sangat baik dengan
presentase sebesar 5%. Dan dapat disimpulkan bahwa rata rata minat belajar
mahasiswa PGMI angkatan 2016 Universitas Islam Malang adalah kategori
sedang dengan besar presentase 50%. (2) Tingkat kesiapan menjadi guru
profesional mahasiswa PGMI angkatan 2016 Universitas Islam Malang dibagi
berdasarkan 5 kategori yaitu sangat kurang dengan presentase sebesar 5%,
kategori kurang dengan presentase sebesar 20%, kategori sedang dengan
presentase sebesar 10%, kategori baik dengan presentase sebesar 30% dan
kategori sangat baik dengan presentase sebesar 35%. Dan dapat disimpulkan
bahwa rata rata kesiapan menjadi guru profesional mahasiswa PGMI angkatan
2016 Universitas Islam Malang adalah kategori sangat baik dengan besar
ii
presentase 35%. (3) Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa h0 diterima dan hi
ditolak yaitu terdapat pengaruh minat belajar terhadap kesiapan menjadi guru
profesional mahasiswa Pendidikan Guru Madarsah Ibtidaiyah angkatan 2016
Universitas Islam Malang dengan presentase sebesar 28%.