Show simple item record

dc.contributor.authorFitriyah, Lia Lailatul
dc.date.accessioned2020-12-19T03:54:26Z
dc.date.available2020-12-19T03:54:26Z
dc.date.issued2020-08-06
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/969
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh dekadensi moral anak bangsa di era global yang sangat memprihatinkan, khususnya dikalangan pelajar. Seiring berkembangnya zaman, maka pola pikir anak juga semakin berkembang pesat. Dengan ini pembelajaran agama Islam sangat berperan penting disekolah maupun dilingkungan sekitar anak yakni untuk membimbing, membina, mengarahkan peserta didik agar dapat memahami ajaran Islam dan diharapkan dengan pendidikan tersebut mampu membentuk kepribadian peserta didik yang mempunyai sikap disiplin, bertanggung jawab, serta mempunyai karakter yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mendeskripsikan Perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs Ihyaul Ulum Kedamean Gresik, untuk mendeskripsikan Proses Pelaksanaan Dalam Membentuk Karakter peserta didik di MTs Ihyaul Ulum Kedamean Gresik dan untuk menjelaskan karakter yang diterapkan di MTs Ihyaul Ulum Kedamean Gresik. Untuk mencapai tujuan diatas peneliti melakukan jenis penelitian kualitatif, prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan menggunakan jalan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan-catatan, transkip, laporan-laporan, agenda dan sebagainya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dalam pendidikan agama Islam untuk membangun karakter pada peserta didik salah satunya yaitu dengan melatih peserta didik tentang sikap kedisiplinan dengan mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan manfaatnya bagi tercapainya cita-cita dan juga mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat didalam proses pembelajaran pengindetifikasi masalah. Serta beberapa proses pembelajaran tersebut sepert pengolahan data, mempresentasikan dari hasil infomasi yang didapat ataupun proses didalam diskusi dan juga menarik kesimpulan. Serta beberapa hal yang dapat membentuk karakter pada peserta didik baik melalui proses pembelajaran maupun melalui sikap yang diberikan oleh pendidik yaitu salah satunya seperti sikap disiplin, keaktifan peserta didik, sikap mandiri, sikap rasa tanggung jawab sikap-sikap tersebut merupakan beberapa sikap yang dapat dijadikan sebagai proses untuk membentuk karakter yang dimiliki oleh peserta didik. Sikap kejujuran juga merupakan karakter yang harus dimiliki peserta vii didik sedangkan untuk Karakter yang diterapkan di MTs Ihyaul Ulum adalah sikap kedisiplinan, sikap mandiri, kerja keras, jujur, percaya diri dan berperilaku sopan, aktif dan berbicara dengan baik, bertanggung jawab. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu bagi semua guru agar selalu memperhatikan perubahan-perubahan yang terjadi kepada peserta didik dan melakukan bimbingan sekaligus pembinaan dalam melalui pendekatapendekatan kepada peserta didik dan bagi orang tua hendaklah selalu mengawasi dan memperhatikan putra dan putrinya agar tidak kejerumus dalam pergaulan yang salah dan memberikan tauladan yang baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di MTs Ihyaul Ulum Kedamean Gresiken_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record