Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di MTs Ihyaul Ulum Kedamean Gresik
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh dekadensi moral anak bangsa di era
global yang sangat memprihatinkan, khususnya dikalangan pelajar. Seiring
berkembangnya zaman, maka pola pikir anak juga semakin berkembang pesat.
Dengan ini pembelajaran agama Islam sangat berperan penting disekolah maupun
dilingkungan sekitar anak yakni untuk membimbing, membina, mengarahkan
peserta didik agar dapat memahami ajaran Islam dan diharapkan dengan pendidikan
tersebut mampu membentuk kepribadian peserta didik yang mempunyai sikap
disiplin, bertanggung jawab, serta mempunyai karakter yang baik dalam kehidupan
sehari-hari.
Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mendeskripsikan Perencanaan
pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs Ihyaul Ulum Kedamean Gresik,
untuk mendeskripsikan Proses Pelaksanaan Dalam Membentuk Karakter peserta
didik di MTs Ihyaul Ulum Kedamean Gresik dan untuk menjelaskan karakter yang
diterapkan di MTs Ihyaul Ulum Kedamean Gresik.
Untuk mencapai tujuan diatas peneliti melakukan jenis penelitian kualitatif,
prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan
yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis,
metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan
menggunakan jalan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan metode
dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa
catatan-catatan, transkip, laporan-laporan, agenda dan sebagainya.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dalam pendidikan
agama Islam untuk membangun karakter pada peserta didik salah satunya yaitu
dengan melatih peserta didik tentang sikap kedisiplinan dengan mengutamakan
sikap disiplin setiap saat dan manfaatnya bagi tercapainya cita-cita dan juga
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat didalam proses pembelajaran pengindetifikasi masalah. Serta
beberapa proses pembelajaran tersebut sepert pengolahan data, mempresentasikan
dari hasil infomasi yang didapat ataupun proses didalam diskusi dan juga menarik
kesimpulan. Serta beberapa hal yang dapat membentuk karakter pada peserta didik
baik melalui proses pembelajaran maupun melalui sikap yang diberikan oleh
pendidik yaitu salah satunya seperti sikap disiplin, keaktifan peserta didik, sikap
mandiri, sikap rasa tanggung jawab sikap-sikap tersebut merupakan beberapa sikap
yang dapat dijadikan sebagai proses untuk membentuk karakter yang dimiliki oleh
peserta didik. Sikap kejujuran juga merupakan karakter yang harus dimiliki peserta
vii
didik sedangkan untuk Karakter yang diterapkan di MTs Ihyaul Ulum adalah sikap
kedisiplinan, sikap mandiri, kerja keras, jujur, percaya diri dan berperilaku sopan,
aktif dan berbicara dengan baik, bertanggung jawab.
Hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu bagi semua guru
agar selalu memperhatikan perubahan-perubahan yang terjadi kepada peserta didik
dan melakukan bimbingan sekaligus pembinaan dalam melalui pendekatapendekatan kepada peserta didik dan bagi orang tua hendaklah selalu mengawasi
dan memperhatikan putra dan putrinya agar tidak kejerumus dalam pergaulan yang
salah dan memberikan tauladan yang baik.