Show simple item record

dc.contributor.authorFuadah, Zuhriatul
dc.date.accessioned2020-12-19T04:20:28Z
dc.date.available2020-12-19T04:20:28Z
dc.date.issued2020-07-17
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/971
dc.description.abstractMadrasah Ibtidaiyah Tarbiyyatul Arifin Pakis Malang adalah salah satu sekolah yang terletak di Kecamatan Pakis desa Mangliawan. Sekolah ini terletak di pinggir jalan raya yang mana mudah untuk dijangkau orang sekitar. Variasi tempat duduk merupakan salah satu upaya dalam mengelola kelas, banyaknya gaya pengaturan tempat duduk yang bisa digunakan menuntut pendidik untuk kreatif dalam memilih gaya pengaturan yang sesuai dengan kondisi kelas dan materi yang akan diberikan. Ketidaksesuaian pemilihan variasi tempat duduk terkadang bisa menghambat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran. Yang mana peneliti mimilih fokus penelitian pada perencanaan, penerapan dan kendala penggunaan variasi tempat duduk dalam pembelajaran tematik di kelas IV di MI Tarbiyyatul Arifin Lowoksuruh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pada penelitian kualitatif, teori dibatasi pada pengertian suatu pertanyaan sistematis yang berkaitan dengan seperangkat proposisi yang berasal dari data yang diuji kembali secara empiris. Pada fokus perencanaan terdapat: Pengorganisasian lingkungan pembelajaran di kelas. Mengkondisikan Siswa untuk siap belajar di Kelas. Ruang kelas dan pengaturan tempat duduk. terkait penerapan variasi tempat duduk dalam pembelajaran tematik di kelas IV ini peneliti menggunakan variasi tempat duduk berbentuk U, semua ini di tandai dengan siswa lebih antusias ketimbang dengan tempat duduk tradisional atau konvensional. Dan juga siswa lebih aktif dan kreatif. kendala penerapan variasi tempat duduk dalam pembelajaran tematik di kelas IV adalah awal mula siswa enggan berpindah variasi tempat duduk karena para siswa sudah merasa nyaman saat pembalajarn, dan siswa banyak yang keluar dari kelas saat menerapkan variasai tempat duduk tersebut. Perencanaan penggunaan variasi tempat duduk dalam pembelajaran tematik di kelas IV MI Tarbiyyatul Arifin Lowoksuruh dengan merencankan kesiapan siswa pada saat proses belajar mengajar dan perlu memperhatikan antusias dari siswa masing-masing. Kedua, penerapan variasi tempat duduk dalam pembelajaran tematik di kelas IV ini berhasil yang mana peneliti menggunakan variasi tempat duduk berbentuk U, di tandai dengan siswa lebih antusias ketimbang dengan tempat duduk tradisional atau konvensional. Ketiga, kendala penerapan variasi tempat duduk dalam pembelajaran tematik di kelas IV adalah siswa enggan berpindah variasi tempat duduk, siswa banyak yang keluar dari kelas saat menerapkan variasai tempat duduk tersebut dan juga rangkaian kegiatan pembelajaran selalu membutuhkan tindak lanjut pembenahan atau evaluasi dalam dunia pendidikanen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectSiswaen_US
dc.subjectVariasi Tempat Duduken_US
dc.subjectTematiken_US
dc.titlePenerapan Variasi Tempat Duduk Siswa dalam Pembelajaran Tematik di Kelas IV MI Tarbiyyatul Arifin Lowok Suruh Malang Tahun Ajaran 2019/2020en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record