Penerapan Variasi Tempat Duduk Siswa dalam Pembelajaran Tematik di Kelas IV MI Tarbiyyatul Arifin Lowok Suruh Malang Tahun Ajaran 2019/2020
Abstract
Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyyatul Arifin Pakis Malang adalah salah satu
sekolah yang terletak di Kecamatan Pakis desa Mangliawan. Sekolah ini terletak
di pinggir jalan raya yang mana mudah untuk dijangkau orang sekitar. Variasi
tempat duduk merupakan salah satu upaya dalam mengelola kelas, banyaknya
gaya pengaturan tempat duduk yang bisa digunakan menuntut pendidik untuk
kreatif dalam memilih gaya pengaturan yang sesuai dengan kondisi kelas dan
materi yang akan diberikan. Ketidaksesuaian pemilihan variasi tempat duduk
terkadang bisa menghambat pemahaman peserta didik terhadap materi
pembelajaran. Yang mana peneliti mimilih fokus penelitian pada perencanaan,
penerapan dan kendala penggunaan variasi tempat duduk dalam pembelajaran
tematik di kelas IV di MI Tarbiyyatul Arifin Lowoksuruh. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kualitatif.
Pada penelitian kualitatif, teori dibatasi pada pengertian suatu pertanyaan
sistematis yang berkaitan dengan seperangkat proposisi yang berasal dari data
yang diuji kembali secara empiris. Pada fokus perencanaan terdapat:
Pengorganisasian lingkungan pembelajaran di kelas. Mengkondisikan Siswa
untuk siap belajar di Kelas. Ruang kelas dan pengaturan tempat duduk. terkait
penerapan variasi tempat duduk dalam pembelajaran tematik di kelas IV ini
peneliti menggunakan variasi tempat duduk berbentuk U, semua ini di tandai
dengan siswa lebih antusias ketimbang dengan tempat duduk tradisional atau
konvensional. Dan juga siswa lebih aktif dan kreatif. kendala penerapan variasi
tempat duduk dalam pembelajaran tematik di kelas IV adalah awal mula siswa
enggan berpindah variasi tempat duduk karena para siswa sudah merasa nyaman
saat pembalajarn, dan siswa banyak yang keluar dari kelas saat menerapkan
variasai tempat duduk tersebut.
Perencanaan penggunaan variasi tempat duduk dalam pembelajaran
tematik di kelas IV MI Tarbiyyatul Arifin Lowoksuruh dengan merencankan
kesiapan siswa pada saat proses belajar mengajar dan perlu memperhatikan
antusias dari siswa masing-masing. Kedua, penerapan variasi tempat duduk
dalam pembelajaran tematik di kelas IV ini berhasil yang mana peneliti
menggunakan variasi tempat duduk berbentuk U, di tandai dengan siswa lebih
antusias ketimbang dengan tempat duduk tradisional atau konvensional. Ketiga,
kendala penerapan variasi tempat duduk dalam pembelajaran tematik di kelas IV
adalah siswa enggan berpindah variasi tempat duduk, siswa banyak yang keluar
dari kelas saat menerapkan variasai tempat duduk tersebut dan juga rangkaian
kegiatan pembelajaran selalu membutuhkan tindak lanjut pembenahan atau
evaluasi dalam dunia pendidikan