View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Indonesian Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Indonesian Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Bahan Ajar Teks Puisi menggunakan Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada SMPI Assalam Blitar

Thumbnail
View/Open
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PUISI MENGGUNAKAN PENDEKATAN CRT (CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING).pdf (3.322Mb)
S2_MPBI_22202071029_ILMA LUTHFI TSANIA.pdf (1.759Mb)
Date
2024-06-06
Author
Tsania, Ilma Luthfi
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar teks puisi dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada SMPI Assalam Blitar. Terdapat dua tujuan utama dalam penelitian ini. Pertama, mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar teks puisi dengan pendekatan CRT. Kedua, menganalisis dan mendeskripsikan hasil uji coba pengembangan bahan ajar tersebut. Proses pengembangan bahan ajar ini melibatkan beberapa tahap, mulai dari analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan, hingga evaluasi. Bahan ajar yang dikembangkan berfokus pada pengintegrasian nilai-nilai budaya lokal dan nasional, serta relevansi kontekstual dengan kehidupan peserta didik. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap teks puisi. Hasil uji coba menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap teks puisi. Penggunaan pendekatan CRT terbukti dapat membuat siswa lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran. Siswa juga menunjukkan peningkatan dalam kemampuan analisis dan apresiasi terhadap puisi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar teks puisi dengan pendekatan CRT tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, tetapi juga meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya nilai-nilai budaya dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan bahan ajar lain yang mengintegrasikan pendekatan budaya dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan Bahan Ajar, Teks Puisi, Pendekatan CRT (Culturally Respons
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9776
Collections
  • MT - Indonesian Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group