Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian, Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Sayurku.Eat di CV. Berlian Jaya

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Syahputra, Ahmed Nabil
dc.date.accessioned 2024-06-26T01:57:53Z
dc.date.available 2024-06-26T01:57:53Z
dc.date.issued 2023-11-21
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9781
dc.description.abstract Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah dan beraneka ragam terutama dalam sector pertanian yang meliputi : pertanian, perikanan, perkebunan, dan kehutanan. Pertanian memiliki peran penting dalam sektor perekonomian dan kesejahteraan rakyat. Hortikultura merupakan salah satu komoditas pertanian yang utama di Indonesia. Sub sektor hortikultura pada kuartal I dan II tahun 2021 mencatat pertumbuhan sebesar 3,01% dan 1,84% yang memiliki makna bahwa kontribusi sub sektor hortikultura sangat baik dalam struktur PDB Nasioal (Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, 2021). Salah satu produksi hortikultura sayuran yang dapat mendorong kesejahteraan pertanian di indonesia yaitu wilayah jawa timur. Salah satu produksi sayuran yang ada di Jawa Timur yaitu Sayurku.eat yang dikelola oleh CV. Berlian Jaya dan Sayurku.eat sebagai perusahaan yang bergerak dibidang produksi dan distribusi sayur yang memfokuskan suplai untuk market Horeka (hotel, restoran dan katering) yang memproduksi sayur segar baik dalam kondisi utuh (whole), sudah dipotong (fresh cut) dan mixed salad ready to eat. Sayurku.eat menerapkan strategi bauran pemasaran 7P yaitu berkaitan dengan product, price, place, promotion, people, physical evudence dan process yang dapat mendorong adanya keputusan pembelian, kepuasan dan loyalitas konsumen dalam berbelanja di Sayurku.eat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Menurut Sugiyono (2017) penelitian kuantitatif merupakan metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data dan diuji menggunakan alat uji statistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis korelasional. Menurut Sugiyono (2017:147) Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang dilakukan dengan mendeskripsikan fenomena yang terjadi dalam variabel tunggal maupun korelasi untuk mendapatkan kesimpulan yang berlaku secara umum atau generalisasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan bantuan tabulasi dan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan Software yang digunakan dalam penelitian ini adalah Microsoft Office Excel 2010, Smart PLS 4. Analisis data kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Structural Equation Modelling - Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan software SmartPLS 4. Menurut Hair et al. (2019) menyatakan bahwa SEM-PLS merupakan teknik analisis multivariant yang menggabungkan antara analisis faktor dan analisis regresi (korelasi), dengan tujuan untuk menguji hubungan antar variable yang terdapat pada sebuah model. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian ini tentang pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian, kepuasan dan loyalitas konsumen Sayurku.eat di CV. Berlian Jaya dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan dari bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian, kepuasan dan loyalitas konsumen. Hal tersebut dapat dibuktikan oleh nilai t-statistics dan p-value, bauran pemasaran yang direpresentasikan oleh isi dari bauran pemasaran yaitu product, price, promotion, place, people, process dan physical evidence memiliki koefisien jalur terhadap keputusan pembelian sebesar 0,723 dengan nilai t-statistic sebesar 11,194 dan p-value sebesar 0,000. Kemudian koefisien jalur terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,775 dengan nilai t-statistic sebesar 10,305 dan p-value sebesar 0,000 dan koefisien jalur terhadap loyalitas konsumen sebesar 0,753 dengan nilai t-statistic sebesar 10,707 dan p-value sebesar 0,000. Hal tersebut membuktikan bahwa pengaruh variabel laten tersebut dikatakan signifikan karena p-values < 0,05 dan nilai t-statistics > 1,96 maka secara statistik Ho ditolak atau Ha diterima. Sehingga bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, promotion, place, people, process dan physical evidence dapat berpengaruh secara signifikan dan dapat meningkatkan keputusan pembelian, kepuasan serta loyalitas konsumen Sayurku.eat di CV. Berlian Jaya.   Kata Kunci : Pengaruh, Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Kepuasan dan Loyalitas, Konsumen Sayurku.Eat, CV. Berlian Jaya en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pengaruh en_US
dc.subject Bauran Pemasaran en_US
dc.subject Keputusan Pembelian en_US
dc.subject Kepuasan dan Loyalitas en_US
dc.subject Konsumen Sayurku.Eat en_US
dc.subject CV. Berlian Jaya en_US
dc.title Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian, Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Sayurku.Eat di CV. Berlian Jaya en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account