View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Indonesian Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Indonesian Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Lumbung Pengetahuan Gorontalo dalam Buku Cerita anak Bergambar Dwibahasa Terbitan Kantor Bahasa Gorontalo

Thumbnail
View/Open
LUMBUNG PENGETAHUAN GORONTALO DALAM BUKU CERITA ANAK BERGAMBAR DWIBAHASA TERBITAN KANTOR BAHASA GORONTALO.pdf (5.016Mb)
S2_MPBI_22202071031_KURNIA AZIZAH.pdf (2.018Mb)
Date
2024-06-07
Author
Azizah, Kurnia
Metadata
Show full item record
Abstract
Punahnya bahasa adalah punahnya kebudayaan. Masalah ini berkembang cukup pesat di Indonesia yang memiliki beragam bahasa daerah. Padahal, mayoritas bahasa daerah digunakan sebagai pengantar dalam ritual dan adat istiadat daerah. Kondisi ini juga terjadi di Gorontalo di mana kondisi bahasanya saat ini dalam status terancam punah. Masalah tersebut dijawab oleh Kantor Bahasa Gorontalo dengan menerbitkan buku cerita anak bergambar yang diterjemahkan dalam bahasa Gorontalo. Hal ini dikarenakan buku cerita anak adalah sarana untuk menanamkan nilai personal dan nilai pendidikan terutama untuk mengenalkan bahasa Gorontalo yang sudah mulai ditinggalkan. Buku anak seharusnya memuat nilai lokalitas masyarakat setempat. Oleh karena itu, buku terbitan Kantor Bahasa Gorontalo layaknya diteliti untuk mengetahui bentuk pengetahuan Gorontalo yang ada di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ragam pengetahuan Gorontalo, cara pengarang menarasikan pengetahuan Gorontalo dan pajanan istilah yang terdapat dalam buku cerita anak bergambar dwibahasa Gorontalo. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif analisis. Sumber data adalah 31 buku cerita anak dengan data berupa kata, frasa, dan kalimat dalam buku tersebut. Analisis data dengan menggunakan teori Miles & Huberman. Hasil penelitian menhunjukkan terdapat 8 jenis pengetahuan Gorontalo yang disajikan di dalam buku, yaitu; 1) tradisi lisan; 2) adat istiadat, 3) ritus, 4) pengetahuan tradisional, 5) teknologi tradisional, 6) seni, 7) bahasa, dan 8) permainan rakyat. Dalam 31 buku cerita anak yang dianalisis tidak terdapat manuskrip dan olahraga tradisional yang diangkat dalam cerita. Hasil penelitian ini menunjukkan cara pengarang mendeskripsikan pengetahuan Gorontalo sesuai fungsi dan cara narasi pengarang. Dalam buku cerita anak ini juga terdapat 143 pajanan istilah yang merujuk pada pengetahuan Gorontalo.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9785
Collections
  • MT - Indonesian Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group