Show simple item record

dc.contributor.authorAmelya, Vernelysa
dc.date.accessioned2024-07-15T07:09:35Z
dc.date.available2024-07-15T07:09:35Z
dc.date.issued2024-05-21
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9817
dc.description.abstractPerkembangan dunia pendidikan dewasa sangatlah cepat dengan sejalannya kemajuan teknologi dan globalisasi. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan globalisasi, program keagamaan di sekolah dapat menjadi lebih dinamis, inklusif dan relevan dengan tuntutan zaman. Karena, hal ini dapat membantu peserta didik untuk menjadi individu yang lebih terampil, terbuka dan sadar akan nilai-nilai keagamaan dalam konteks global yang semakin kompleks. Sebagai seorang guru Pendidikan Agama Islam ada beberapa strategi yang dapat di terapkan dalam menanamkan nilai-nilai religius pada peserta didik melalui program keagamaan di sekolah. Guru pendidikan agama Islam menanamkan nilai-nilai akhlak dan tata krama yang baik kepada peserta didik, mengadakan kajian di hari sabtu yang di adakan di Masjid besar Al-Musthofa dan menanamkan ilmu fiqih kepada peserta didik yang berkaitan dengan masalah peribadahan berupa praktik wudhu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai yang ditanamkan, proses pelaksanaan, serta hasil dari pelaksanaan guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai religius pada peserta didik melalui program keagamaan sebagai upaya meningkatkan wawasan peserta didik dalam pemahaman tentang ajaran agama Islam, praktik ibadah, dan moralitas yang ditanamakan dalam ajaran agama Islam. Untuk tercapainya tujuan dari penelitian di atas dapat dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu, wawancara, dokumentasi, dan observasi di tempat penelitian. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan model interaktif dengan langkah-langkah: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, penanaman nilai-nila religius pada peserta didik melalui program keagamaan dapat dilihat dari peserta didik yang semakin baik sikapnya, berakhlakul karimah, memiliki tata krama, bertambahnya wawasan keagamaan termasuk tentang ibadah. Hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu lebih mengembangkan kegiatan program keagamaan ini agar semakin berkembang dan mampu menjadi sebuah solusi dari permasalahan-permasalahan yang terjadi pada peserta didik. Kata Kunci : Strategi, Nilai-nilai Religius, Program Keagamaanen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectStrategien_US
dc.subjectNilai-nilai Religiusen_US
dc.subjectProgram Keagamaanen_US
dc.titleStrategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai Religius pada Peserta Didik Melalui Program Keagamaan di Sekolah Menengah Pertama Nahdlatul Ulama Pakis Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record