View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai Religius pada Peserta Didik Melalui Program Keagamaan di Sekolah Menengah Pertama Nahdlatul Ulama Pakis Malang

Thumbnail
View/Open
Publish (1.577Mb)
Fulltext (3.126Mb)
Date
2024-05-21
Author
Amelya, Vernelysa
Metadata
Show full item record
Abstract
Perkembangan dunia pendidikan dewasa sangatlah cepat dengan sejalannya kemajuan teknologi dan globalisasi. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan globalisasi, program keagamaan di sekolah dapat menjadi lebih dinamis, inklusif dan relevan dengan tuntutan zaman. Karena, hal ini dapat membantu peserta didik untuk menjadi individu yang lebih terampil, terbuka dan sadar akan nilai-nilai keagamaan dalam konteks global yang semakin kompleks. Sebagai seorang guru Pendidikan Agama Islam ada beberapa strategi yang dapat di terapkan dalam menanamkan nilai-nilai religius pada peserta didik melalui program keagamaan di sekolah. Guru pendidikan agama Islam menanamkan nilai-nilai akhlak dan tata krama yang baik kepada peserta didik, mengadakan kajian di hari sabtu yang di adakan di Masjid besar Al-Musthofa dan menanamkan ilmu fiqih kepada peserta didik yang berkaitan dengan masalah peribadahan berupa praktik wudhu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai yang ditanamkan, proses pelaksanaan, serta hasil dari pelaksanaan guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai religius pada peserta didik melalui program keagamaan sebagai upaya meningkatkan wawasan peserta didik dalam pemahaman tentang ajaran agama Islam, praktik ibadah, dan moralitas yang ditanamakan dalam ajaran agama Islam. Untuk tercapainya tujuan dari penelitian di atas dapat dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu, wawancara, dokumentasi, dan observasi di tempat penelitian. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan model interaktif dengan langkah-langkah: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, penanaman nilai-nila religius pada peserta didik melalui program keagamaan dapat dilihat dari peserta didik yang semakin baik sikapnya, berakhlakul karimah, memiliki tata krama, bertambahnya wawasan keagamaan termasuk tentang ibadah. Hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu lebih mengembangkan kegiatan program keagamaan ini agar semakin berkembang dan mampu menjadi sebuah solusi dari permasalahan-permasalahan yang terjadi pada peserta didik. Kata Kunci : Strategi, Nilai-nilai Religius, Program Keagamaan
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9817
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group