Analisis Implementasi Google Workspace For Education Untuk Meningkatkan Kompetensi Berbicara Pada Pelajaran Pidato Persuasif (Studi Di Smp Negeri 5 Malang)
Abstract
Di era globalisasi dan perkembangan teknologi informasi saat ini,
fenomena penggunaan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
semakin marak dilakukan. Penggunaan teknologi ini juga dimanfaatkan pada
media pembelajaran. Bahasa Indonesia dalam kurikulum merdeka memberikan
keleluasaan pada guru untuk memilih materi pelajaran dengan melihat potensi
serta profil belajar siswa salah satu materinya adalah Pidato persuasif yang
disajikan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas implementasi
Google Workspace for Education (GWE) dalam meningkatkan kompetensi
berbicara siswa pada pelajaran pidato persuasif di SMP Negeri 5 Malang. Selain
itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengevaluasi makna penggunaan GWE
terhadap kemahiran berbahasa siswa dan menganalisis integrasi GWE pada
pembelajaran pidato persuasif.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi
kasus. Subjek penelitian adalah siswa, guru, dan kepala sekolah. Data
dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis
data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Validitas data
menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi GWE dapat
meningkatkan kompetensi berbicara siswa dalam menyampaikan pesan secara
efektif. GWE berperan meningkatkan kemahiran berbahasa siswa. Integrasi GWE
dalam pembelajaran pidato persuasif bermanfaat untuk siswa dalam pencapaian
tujuan pembelajaran. Disarankan pelatihan dan kolaborasi guru, evaluasi
berkelanjutan, penyediaan infrastruktur, serta pengembangan kurikulum yang
berbasis teknologi.