Show simple item record

dc.contributor.authorYuliana, Ema
dc.date.accessioned2020-12-21T01:53:48Z
dc.date.available2020-12-21T01:53:48Z
dc.date.issued2020-08-06
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/990
dc.description.abstractKonsep-konsep pendidikan Islam yang ada pada era sekarang ini tidak lepas dari bayang-bayang konsep pendidikan Islam di era klasik yang terlahir dari pemikiran para tokoh filsafat pendidikan Islam. Sangat banyak sekali tokoh-tokoh pendidikan Islam di era klasik yang menyumbangkan pemikirannya terhadap dunia pendidikan, salah satunya konsep pendidikan Islam itu sendiri seperti Ibnu Khaldun. Lancarnya suatu pendidikan tidak terlepas dari sebuah konsep pendidikan yang dirancang sedemikian rupa untuk mencapai tujuan yang diingikan. Dalam konsep pendidikan Islam itu sendiri tidak jauh berbeda dengna konsep pendidikan umum seperti biasanya, hanya saja pada konsep pendidikan Islam ini lebih merujuk kepada sesuatu yang Islami. Dari latar belakang tersebut peneliti memfokuskan pada dua konsep Pendidikan Islam dalam pemikiran Ibnu Khaldun yaitu: metode pembelajaran dan lingkungan pendidikan. Dengan demikian peneliti membuat rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: 1) Bagaimana pemikiran Ibnu Khaldun tentang metode pendidikan Islam? 2) Bagaimana pemikiran Ibnu Khaldun tentang lingkungan di dalam pendidikan Islam? 3) Bagaimana implikasi teoritis pemikiran Ibnu Khaldun tentang metode pembelajaran dan lingkungan pendidikan terhadap pendidikan Islam di Indonesia? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan pemikiran Ibnu Khaldun tentang metode pendidikan Islam. 2)Untuk mendeskripsikan pemikiran Ibnu Khaldun tentang lingkungan di dalam pendidikan Islam. 3)Untuk mengetahui implikasi teoritis pemikiran Ibnu Khaldun tentang metode pembelajaran dan lingkungan pendidikan terhadap pendidikan Islam di Indonesia. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan dengan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian kepustakaan (library research). Penelitian kepustakaan (library research) adalah penelitian yang menghasilkan data dari proses mengkaji sebuah buku yang diperoleh dari sumber data primer maupun sekunder. Teknik analisi data yang digunakan adalah content analysis yang digunakan untuk memecahkan masalah menjadi susunan konseptual kemudia diberi kode atau nama, dan hasilnya digunakan untuk membuat kesimpulan tentang pesan yang ada didalam teks yang diteliti. Hasil dari penelitian tersebut bahwa ada beberapa metode pembelajaran menurut Ibnu Khaldun sebagai berikut: 1) Metode tahapan (tadarruj), 2) Metode pengulangan (tikrari), 3) Metode kasih sayang (Al-Qurb Wa AlMuyanah), 4) Metode peninjauan kematangan usia dalam mengajarkan alqur’an, 5) Metode penyesuaian dengan fisik dan psikis peserta didik, 6) Metode kesesuaian dengan perkembangan potensi peserta didik, 7) Metode penguasaan satu bidang, 8) Metode widya-wisata (rihlah), 9) Praktek/latihan (tardib), dan vii 10) Metode menghindari peringkasan buku (ikhtisar at-turuk). Lingkungan pendidikan merupakan hal yang penting untuk keberhasilan peserta didik dalam mencapai cita-cita yang mereka inginkan, menurut Ibnu Khaldun lingkungan pendidikan dapat mempengaruhi proses pendidikan anak.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectIbnu Khaldunen_US
dc.subjectLingkungan Pendidikanen_US
dc.titlePemikiran Ibnu Khaldun tentang Konsep Pendidikan Islamen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record