View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pembelajaran Tahfīẓ al-Qurān bagi Anak Berkebutuhan Khusus di MAN 2 Sleman dan Pondok Pesantren Dārul Ashom

Thumbnail
View/Open
S2_Pascasarjana_22202011010_Kamal Mukhtar.pdf (1.871Mb)
PEMBELAJARAN TAHFĪẒ AL-QURĀN UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI MAN 2 DAN PONDOK PESANTREN DĀRUL ASHO.pdf (5.400Mb)
Date
2024-06-27
Author
Mukhtar, Kamal
Metadata
Show full item record
Abstract
Pembelajaran al-Qurān bagi anak berkebutuhan khusus masih menghadapi tantangan besar. Problematika tersebut meliputi kurangnya fasilitas dan sumber daya yang memadai untuk mendukung kebutuhan khusus mereka. Selain itu, metode pengajaran yang ada di Indonesia belum sepenuhnya inklusif dan adaptif terhadap berbagai jenis disabilitas sering menjadi kendala. Terbatasnya pelatihan bagi pengajar dalam menangani anak berkebutuhan khusus juga menghambat efektivitas proses pembelajaran tahfidz. Data menunjukkan banyak anak disabilitas di Indonesia tidak mengenyam pendidikan formal maupun agama. MAN 2 Sleman dan Pondok Pesantren Dārul Ashom di Yogyakarta merupakan dua lembaga yang telah menginisiasi program pembelajaran agama khususnya tahfīẓ al-Qurān berbasis inklusif dengan hasil yang positif. Hal itu menunjukkan bahwa masih terbuka peluang besar untuk memunculkan lembaga pembelajaran al-Qurān lain yang memfasilitasi anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini berfokus pada (1) Bagaimana desain pembelajaran tahfīẓ al Qurān bagi anak berkebutuhan khusus di MAN 2 Sleman dan pondok pesantren Dārul Ashom? (2) Bagaimana proses pembelajaran tahfīẓ al-Qurān bagi anak berkebutuhan khusus di MAN 2 Sleman dan pondok pesantren Dārul Ashom? (3) Bagaimana model pembelajaran tahfīẓ al-Qurān bagi anak berkebutuhan khusus di MAN 2 Sleman dan pondok pesantren Dārul Ashom? Ketiga fokus ini diharapkan mampu memberi gambaran utuh mengenai kurikulum tahfīẓ berbasis inklusi. Penelitian mengaplikasikan pendekatan kualitatif dengan desain multiple case studi. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive dan snowball. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif interaktif Miles dan Huberman. Keabsahan data diuji melalui empat kriteria uji yaitu uji kredibilitas, uji keteralihan, kebergantungan dan uji objektifitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain, proses dan model pembelajaran tahfīẓ al-Qurān bagi anak berkebutuhan khusus di MAN 2 Sleman dan pondok pesantren Dārul Ashom sudah berjalan secara efektif. Desain pembelajaran dilakukan dengan analisis latar belakang serta penentuan tujuan yang jelas guna mencapai pembelajaran yang terfokus dan terarah. Program ini melibatkan kolaborasi antara guru pengampu tahfīẓ dan guru pembina anak berkebutuhan khusus, serta menerapkan penilaian berkala untuk menjaga kualitas dan memberikan umpan balik yang memotivasi siswa. Selain itu, fleksibilitas dalam kriteria penilaian juga diperlukan untuk memaksimalkan potensi siswa dengan mempertimbangkan kekhususan mereka. Proses pembelajaran tahfīẓ al-Qurān bagi anak berkebutuhan khusus menggabungkan prinsip-prinsip inklusi, seperti assessment kemampuan individu dan pemberian fasilitas yang sesuai baik terhadap inklusifitas maupun prinsip-prinsip pembelajaran tahfīẓ secara umum, seperti pengulangan dan evaluasi berkala. Implementasi program menekankan pada adanya interaksi antara guru tahfīẓ dan guru pembina anak berkebutuhan khusus. Pemberian motivasi juga dilakukan melalui pemberian reward tanpa adanya hukuman sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran Skinner. Kemudian pembelajaran tahfiz al-Qur'an bagi anak berkebutuhan khusus mengadopsi model talaqqi dan musyafahah. Model tersebut berisikan guru memberikan contoh, menyimak, dan mengoreksi bacaan serta hafalan siswa secara langsung. Siswa berkebutuhan khusus juga menggunakan model gabungan, yaitu model wahdah dan sima' atau model wahdah dan kitābah untuk menghafal al-Qur'an disertai dukungan media yang sesuai dengan kebutuhan indera mereka.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9921
Collections
  • MT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group