dc.description.abstract | Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi tingkat pemahaman konsep matematis peserta didik yang rendah, khususnya pada materi statistika di kelas VIII SMP Negeri 3 Jatirogo. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep matematis peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 3 Jatirogo dengan menerapkan model pembelajaran example non example.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif sedangkan instrument yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar tes, pedoman wawancara, dan lembar catatan lapangan. penelitian ini terdiri dari siklus I dan siklus II yang setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 10 Oktober sampai 21 Oktober 2023, bertempat di kelas VIII SMP Negeri 3 Jatirogo.
Hasil penelitian menunjukkan perolehan rata-rata pemahaman konsep matematis peserta didik pada siklus I sebesar 70,8 dengan ketuntasan belajar peserta didik 62,5% pada siklus I hasil tindakan yang diharapkan belum tercapai. Pada siklus II rata-rata pemahaman konsep matematis peserta didik meningkat sebesar 10,03 menjadi 80,83 dengan ketuntasan belajar 83,33 yang berarti meningkat sebesar 20,83%. Hal ini sesuai dengan hasil tindakan yang diharapkan yaitu >75% peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Jatirogo mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar >75 dalam pembelajaran matematika pada materi statistika. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran example non example merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu peserta didik dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis pada materi statistika.
Kata-Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran Example Non Example, Statistika. | en_US |