Show simple item record

dc.contributor.authorHaryati, Dyah Ismi
dc.date.accessioned2024-07-31T03:09:21Z
dc.date.available2024-07-31T03:09:21Z
dc.date.issued2024-06-26
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9947
dc.description.abstractPemerintah telah mengimplementasikan kurikulum merdeka sejak tahun 2022 yang saat ini sudah digunakan dalam pendidikan di Indonesia. Dalam kurikulum merdeka perangkat pembelajaran yang biasa digunakan disebut modul ajar yang didasarkan pada kurikulum yang telah ditetapkan. Tujuan modul ajar untuk mencapai kriteria kompetensi yang telah ditetapkan. Dikarenakan modul ajar yang tergolong masih baru sebagai perangkat pembelajaran, sebagian pendidik memilih untuk menggunakan bahan ajar yang sudah tersedia, seperti buku paket. Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan pembelajaran pendidik dan peserta didik di SMAN 5 Malang, (2) mendeskripsikan hasil pengembangan modul ajar materi teks argumentasi di SMAN 5 Malang, dan (3) mendeskripsikan hasil uji kelayakan pengembangan modul ajar materi teks argumentasi di SMAN 5 Malang. Penelitian pengembangan ini mengadopsi model 4-D yang dikembangkan Thiagarajan dkk dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan modul ajar melalui tiga tahap, yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan, (2) hasil pengembangan modul ajar yang didapatkan dari validasi para ahli menunjukkan bahwa modul ajar layak diuji cobakan, (3) uji kelayakan modul ajar dilakukan pada 33 peserta didik SMAN 5 Malang dengan hasil yang didapatkan dari angket respon pendidik dan peserta didik yang menunjukkan bahwa modul ajar materi teks argumentasi dapat meningkatkan antusiasme belajar peserta didik. Simpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidik dan peserta didik di SMAN 5 Malang membutuhkan pengembangan bahan ajar lain berupa modul ajar, karena denganpenggunaan modul ajar materi teks argumentasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan cara yang efektif untuk menciptakan pembelajaran yang seimbang antara pendidik dan peserta didik, serta dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai peserta didik pada bebarapa pertemuan setelah menggunakan modul ajar materi teks argumentasi dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Modul Ajar, Pengembangan, Teks Argumentasien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectModul Ajaren_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectTeks Argumentasien_US
dc.titlePengembangan Modul Ajar Materi Teks Argumentasi di SMAN 5 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record