View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Indonesian Language Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Indonesian Language Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengembangan Modul Ajar Materi Teks Argumentasi di SMAN 5 Malang

Thumbnail
View/Open
Publish (1.355Mb)
Fulltext (29.34Mb)
Date
2024-06-26
Author
Haryati, Dyah Ismi
Metadata
Show full item record
Abstract
Pemerintah telah mengimplementasikan kurikulum merdeka sejak tahun 2022 yang saat ini sudah digunakan dalam pendidikan di Indonesia. Dalam kurikulum merdeka perangkat pembelajaran yang biasa digunakan disebut modul ajar yang didasarkan pada kurikulum yang telah ditetapkan. Tujuan modul ajar untuk mencapai kriteria kompetensi yang telah ditetapkan. Dikarenakan modul ajar yang tergolong masih baru sebagai perangkat pembelajaran, sebagian pendidik memilih untuk menggunakan bahan ajar yang sudah tersedia, seperti buku paket. Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan pembelajaran pendidik dan peserta didik di SMAN 5 Malang, (2) mendeskripsikan hasil pengembangan modul ajar materi teks argumentasi di SMAN 5 Malang, dan (3) mendeskripsikan hasil uji kelayakan pengembangan modul ajar materi teks argumentasi di SMAN 5 Malang. Penelitian pengembangan ini mengadopsi model 4-D yang dikembangkan Thiagarajan dkk dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan modul ajar melalui tiga tahap, yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan, (2) hasil pengembangan modul ajar yang didapatkan dari validasi para ahli menunjukkan bahwa modul ajar layak diuji cobakan, (3) uji kelayakan modul ajar dilakukan pada 33 peserta didik SMAN 5 Malang dengan hasil yang didapatkan dari angket respon pendidik dan peserta didik yang menunjukkan bahwa modul ajar materi teks argumentasi dapat meningkatkan antusiasme belajar peserta didik. Simpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidik dan peserta didik di SMAN 5 Malang membutuhkan pengembangan bahan ajar lain berupa modul ajar, karena denganpenggunaan modul ajar materi teks argumentasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan cara yang efektif untuk menciptakan pembelajaran yang seimbang antara pendidik dan peserta didik, serta dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai peserta didik pada bebarapa pertemuan setelah menggunakan modul ajar materi teks argumentasi dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Modul Ajar, Pengembangan, Teks Argumentasi
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9947
Collections
  • UT - Indonesian Language Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group