Show simple item record

dc.contributor.authorMufarokhah, Zulfa
dc.date.accessioned2020-12-21T01:56:26Z
dc.date.available2020-12-21T01:56:26Z
dc.date.issued2020-06-06
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/995
dc.description.abstractPenelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh banyaknya di masyarakat sekitar yang pendidikan karakter nya masih kurang dan membutuhkan bimbingan. Maka dari itu perlu diterapkan bimbingan karakter religius memalui bimbingan di TPQ dengan mencontoh 4 sifat nabi. Dalam hal ini, peneliti ingin mengetahui tentang Implementasi Pendidikan Karakter Religius (Studi Kasus Santri TPQ AlAziz Jabung). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter religius, perencanaan penanaman pendidikan karakter religius, pelaksanaan pendidikan karakter religius, dan model pelaksanaan pendidikan karakter religius. Tujuan penelitian ini di laksanakan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus dan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, populasi dari penelitian ini adalah santri TPQ Al-Aziz Jabung. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukan bahwa di daerah masyarakat sekitar membutuhkan bimbingan karakter religius karena mayoritas masyarakat sekitar tidak peduli dengan perkembangan karakter anaknya. Maka dari itu Ustadzah di TPQ menerapkan bimbingan karakter dengan mencontoh 4 sifat nabi yaitu : shiddiq, amanah, tablight dan fathonah. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan hasil temuan penelitian yaitu: 1). nilai-nilai pendidikan karakter religius yang di tanamkan di TPQ adalah menerapkan dengan mencontoh keteladanan nabi yaitu shidiq, amanah, tabligt dan fathonah. 2). perencanaan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter religius di TPQ meliputi menyiapkan materi pembelajaran pada TPQ dengan menggunakan buku terjemah kitab sulam taufik, kitab sholawat, Al-Qur’an. Dalam menggunakan pembelajaran, Ustadzah juga menyiapkan secara matang antara lain yaitu analisis media/alat peraga yang di gunakan. Dengan adanya perencanaan di harapkan semua yang sudah di programkan dalam waktu tertentu dapat tercapai dengan maksimal. 3). Pelaksanaan perencanaan penanaman nilai-nilai karakter religius di TPQ yaitu melakukan proses pelaksanaan di kelas yaitu dengan membaca doa sebelum memulai pelajaran, dengan ini bertujuan agar santri untuk berdoa dahulu sebelum melakukan kegiatan, selanjutnya membac kitab, dan membaca alQur’an agar bisa panjang pendeknya dalam membacanya. Kegiatan lain seperti pembacaan Rotibul Hadad, pembacaan Sholawat Nabi SAW. 4). model pelaksanaan pendidikan akarakter religius pada TPQ yaitu pelaksanaan di kelas, baik dari segi pendekatan, strategi maupun metode. Yang di sesuaikan dengan kebutuhan santri. Hal yang perlu di perhatikan sebagai saran yaitu bagi santri TPQ Al-Aziz Jabung selalu taati perintah Ustadzah yang berjuang untuk membentuk karakter yang baik, karena dengan berkarakter yang baik dan menerapkanya akan membuat santri belajar untuk masyarakat maupun dirinya sendiri.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectTaman Pendidikan Al- Qur’anen_US
dc.titleImplementasi Pendidikan Karakter Religius (Studi Kasus Santri TPQ Al-Aziz Jabung)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record