Implementasi Pendidikan Karakter Religius (Studi Kasus Santri TPQ Al-Aziz Jabung)
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh banyaknya di masyarakat
sekitar yang pendidikan karakter nya masih kurang dan membutuhkan bimbingan.
Maka dari itu perlu diterapkan bimbingan karakter religius memalui bimbingan di
TPQ dengan mencontoh 4 sifat nabi. Dalam hal ini, peneliti ingin mengetahui
tentang Implementasi Pendidikan Karakter Religius (Studi Kasus Santri TPQ AlAziz Jabung). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai
pendidikan karakter religius, perencanaan penanaman pendidikan karakter religius,
pelaksanaan pendidikan karakter religius, dan model pelaksanaan pendidikan
karakter religius.
Tujuan penelitian ini di laksanakan dengan menggunakan pendekatan
penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus dan
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, populasi
dari penelitian ini adalah santri TPQ Al-Aziz Jabung. Hasil dari penelitian ini
adalah menunjukan bahwa di daerah masyarakat sekitar membutuhkan bimbingan
karakter religius karena mayoritas masyarakat sekitar tidak peduli dengan
perkembangan karakter anaknya. Maka dari itu Ustadzah di TPQ menerapkan
bimbingan karakter dengan mencontoh 4 sifat nabi yaitu : shiddiq, amanah, tablight
dan fathonah.
Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan hasil temuan penelitian yaitu: 1).
nilai-nilai pendidikan karakter religius yang di tanamkan di TPQ adalah
menerapkan dengan mencontoh keteladanan nabi yaitu shidiq, amanah, tabligt dan
fathonah. 2). perencanaan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter religius di
TPQ meliputi menyiapkan materi pembelajaran pada TPQ dengan menggunakan
buku terjemah kitab sulam taufik, kitab sholawat, Al-Qur’an. Dalam menggunakan
pembelajaran, Ustadzah juga menyiapkan secara matang antara lain yaitu analisis
media/alat peraga yang di gunakan. Dengan adanya perencanaan di harapkan semua
yang sudah di programkan dalam waktu tertentu dapat tercapai dengan maksimal.
3). Pelaksanaan perencanaan penanaman nilai-nilai karakter religius di TPQ yaitu
melakukan proses pelaksanaan di kelas yaitu dengan membaca doa sebelum
memulai pelajaran, dengan ini bertujuan agar santri untuk berdoa dahulu sebelum
melakukan kegiatan, selanjutnya membac kitab, dan membaca alQur’an agar bisa
panjang pendeknya dalam membacanya. Kegiatan lain seperti pembacaan Rotibul
Hadad, pembacaan Sholawat Nabi SAW. 4). model pelaksanaan pendidikan
akarakter religius pada TPQ yaitu pelaksanaan di kelas, baik dari segi pendekatan,
strategi maupun metode. Yang di sesuaikan dengan kebutuhan santri.
Hal yang perlu di perhatikan sebagai saran yaitu bagi santri TPQ Al-Aziz
Jabung selalu taati perintah Ustadzah yang berjuang untuk membentuk karakter
yang baik, karena dengan berkarakter yang baik dan menerapkanya akan membuat
santri belajar untuk masyarakat maupun dirinya sendiri.