Hubungan Prestasi Belajar Pendidikan Islam Dan Akhlak Peserta Didik Di Smp Ma’arif Batu
Abstract
angket yang telah didapatkan setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah
disebar dan daftar nilai peserta didik dalam ranah afektif dikategorikan baik.
Hasil angket yang telah dijawab oleh peserta didik yang kemudian telah dicari
nilai rata-rata dan peneliti mendapatkan nilai rata-rata sebesar 43. Terdapat 9
peserta didik yang mendapat skor dibawah rata-rata 43 dan 20 peserta didik
mendapatkan skor diatas rata-rata hal tersebut menunjukkan bahwa akhlak peserta
didik masuk kedalam kategori baik karena skor yang didapat peserta didik yang
berada diatas rata-rata lebih banyak dari peserta didik yang mendapatkan skor
dibawah rata-rata (3) Setelah melakukan uji korelasi menggunakan rumus product
moment, hasil yang didapat ialah terdapat hubungan yang signifiikan antara
prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Akhlak peserta
didik kelas VII di SMP Ma‟arif Batu yakni dilihat berdasarkan nilai r hitung,
diketahui nilai r hitung untuk hubungan prestasi belajar (x) dengan akhlak peserta
didik (y) adalah 0,371 > r tabel 0,367 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan antara variabel prestasi belajar (x) dan akhlak peserta didik (y) karena
nilai r hitung lebih besar dari r tabel. Dilihat berdasarkan tanda (*) spss, diketahui
nilai pearson correlation antara masing-masing variabel yang dihubungkan
mempunyai satu tanda bintang (*) ini berarti terdapat korelasi antara variabel yang
dihubungkan dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian maka hasil
menunjukan Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat hubungan antara
prestasi belajar dengan akhlak peserta didik.