Implementasi Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas II F di MIN 1 Kota Malang
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) karakter disiplin siswa kelas II F di MIN 1 Kota Malang, 2) Proses implementasi metode pembiasaan dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas II F di MIN 1 Kota Malang, 3) Dampak implementasi metode pembiasaan dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas II F di MIN 1 Kota Malang.
Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam tiga langkah: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan menggunakan perpanjangan kehadiran peneliti, observasi mendalam, dan triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) karakter disiplin siswa sangat baik. Disiplin waktu, disiplin belajar dan disiplin berpakaian sudah di implementasikan dengan baik. 2) proses implementasi metode pembiasaan dalam membentuk karakter disiplin siswa sosialisasi dengan orang tua, siswa, dan seluruh masyarakat MIN 1 Kota Malang, pelaksanaan program paku bumi, dan pemberian reward dan punishment. 3) dampak metode pembiasaan dalam membentuk karakter disiplin siswa yaitu, siswa lebih disiplin waktu, disiplin dalam berpakaian, dan disiplin belajar.
Kata kunci: Implementasi, Pembiasaan, Karakter Disiplin